Ibu selalu dapat membantu dan mendukung proses tumbuh kembang si kecil yang menakjubkan. Sejalan dengan penyediaan nutrisi yang sesuai, berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Ibu lakukan untuk mendukung si kecil tumbuh dan belajar. selalu dapat membantu dan mendukung proses tumbuh kembang si kecil yang menakjubkan. Sejalan dengan penyediaan nutrisi yang sesuai, berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Ibu lakukan untuk mendukung si kecil tumbuh dan belajar.

Perkembangan Kognitif

 

1. Lakukan kontak mata dengan si Kecil

 

Sering-seringlah berbicara dengannya. Ibu akan mendapati si kecil memperhatikan Ibu dengan seksama pada saat ia terjaga.

2. Ganti mainannya

 

Beri si kecil objek yang berbeda untuk dimainkan. Cobalah mulai dari sendok ukur dan cangkir plastik hingga balok empuk dan buku kain.

3. Bermain cilukba

 

Sembunyikan wajah Ibu di balik tangan atau selimut. Pada awalnya si kecil tidak akan merespon dan akan terkejut melihat Ibu setiap kali muncul, namun permainan ini membantunya mulai memahami konsep object permanence (suatu benda masih tetap ada walaupun tidak terlihat).

4. Bermain mencari mainan yang berbunyi

 

 Pegang mainan genggam si kecil yang bisa berbunyi ketika digoyangkan 20 cm di samping wajah si kecil. Goyangkan untuk menarik perhatiannya, lalu mulai bergerak perlahan-lahan melintasi garis pandangnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah si kecil mengikuti dengan matanya. Pada awalnya, ia mungkin mengalami kesulitan menjaga fokus ketika mainan tadi melintasi garis tengah wajahnya. Jika ia kehilangan fokus, goyang mainan tersebut untuk kembali mengambil perhatiannya.

5. Mengubah dekorasi

 

Gantunglah cermin yang tidak mudah pecah atau gambar berwarna-warni di dekat meja ganti atau tempat tidur si kecil, ganti tampilannya dari waktu ke waktu dengan benda dan mainan yang aman baginya, sehingga si kecil memiliki banyak hal untuk dilihat.

Perkembangan Motorik

 

1. Lanjutkan telungkup

 

Ketika si kecil terjaga dan waspada, telungkupkan ia sehingga si kecil bisa melihat sekelilingnya. Tempatkan mainan yang menarik di depannya supaya si kecil terdorong untuk mengangkat kepalanya untuk melihatnya. Ibu mungkin juga harus mencoba memindahkan mainan dari satu sisi ke sisi lainnya untuk membantu perkembangan otot lehernya dan memungkinkan si kecil untuk berlatih gerakan yang paling dasar dalam berguling.

2. Tantang jangkauannya

 

Tempatkan mainan sedikit keluar dari jangkauan si kecil pada saat ia telungkup. Dalam usahanya untuk mencapai mainan tadi, si kecil mungkin akan menemukan cara untuk berguling.

3. Melatih keseimbangan

 

Letakkan si kecil dalam posisi duduk, dengan ditopang oleh bantal sofa, atau bantal khusus yang berbentuk seperti huruf U, atau sudut di sofa. Posisi ini membantu si kecil mengembangkan otot-otot yang ia butuhkan untuk tetap seimbang ketika duduk. Selalu awasi si kecil dan pastikan punggungnya tetap lurus. Goyangkan mainan atau bernyanyi untuk mencari perhatiannya dan membuatnya tetap terhibur sambil duduk.

4. Jelajahi indera

 

Tempatkan mainan di tangan si kecil. Ia akan belajar dari merasakan berat dan mendengar suaranya. (Pengalaman dengan indera akan membantu ia belajar tentang fisik benda)

5. Memperkenalkan permainan sebab-akibat

 

Kenakan kaus kaki yang dipasangi lonceng kecil atau jahit mainan kecil yang berbunyi ketika bergerak di kaus kaki si kecil (pastikan lonceng atau mainan tadi terpasang dengan kokoh dan si kecil di bawah pengawasan langsung ketika mengenakannya). Ketika ia menendang, ia akan mendengar bunyi-bunyian dan ini merupakan tahap awal pembelajaran bahwa gerakannyalah yang menyebabkan suara gemerincing atau efekberbunyi.

Perkembangan Komunikasi

 

1. Ajak berbicara

 

Ketika si kecil menggugam atau membuat suara lainnya, responlah kembali dan tunjukkan kegembiraan Ibu. Jawaban Ibu akan mendorong si kecil untuk berbicara lagi.

2. Berbicara dengan bahasa si kecil

 

Bantu si kecil belajar tentang pola bicara dengan menggunakan "bahasa bayi". Si kecil sangat responsif terhadap gaya bicara seperti ini: tekanan pada awal kata dan nada naik di akhir kata seperti sedang bertanya ("HAL-lo, SAYANG. BAGIMANA kabarmu PA-gi INI!"). Si kecil mungkin juga akan lebih merespon terhadap suara Ibu karena nadanya yang lebih tinggi.

3. Berbicara bahasa lain

 

Jika Ibu menggunakan bahasa kedua, lakukanlah di sekitar si kecil. Si kecil memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyerap lebih dari satu bahasa, dan si kecil yang menguasai dua bahasa akan mencapai tumbuh kembang dalam komunikasi yang sama seperti bayi lainnya, pada saat yang sama. Jadi tidak perlu khawatir ia akan bingung atau akan menyebabkan keterlambatan bicara.

4. Bacakan buku untuk si kecil sesering mungkin

 

Coba bacakan buku bergambar dengan banyak kata-kata berima yang menyenangkan. Ibu tidak perlu membacanya dari awal sampai akhir. Ibu mungkin hanya perlu membaca sedikit, lalu menunjuk gambar-gambar yang ada di halaman buku: “Lihat Nak, ini matahari" "Lihatlah bunga itu," "Apa ya ini? Seekor anjing! "

Baca Juga : Bagaimana cara menstimulasi bayi saat ia masih berusia 0 - 3 bulan

Perkembangan Sosial

 

1. Tertawa pada saat si kecil tertawa

 

Tidak hanya mendorongnya untuk terus tertawa, hal ini juga mulai mengajarkan tentang konsep berbicara dua arah.

2. Berikan kenyamanan

 

Untuk membantu membangun rasa aman si kecil, gendong dan angkatlah ia sesering mungkin, dan juga responlah dengan cepat ketika ia terlihat cemas.

3. Menenangkannya dengan pijat

 

Si kecil tidak terlalu besar untuk terus mendapat pijatan bayi. Lakukan dengan lembut, gunakan sedikit baby oil dan pastikan si kecil tetap hangat. Kegiatan ini akan mendorong kedekatan Ibu dan si kecil serta memperkuat rasa aman si kecil.

Baca Juga : Stimulasi untuk Mendukung Perkembangan Si Kecil di Usia 4 Bulan

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, melalui Live Chat di website ini atau via Whatsap di 087777700253 untuk berkonsultasi mengenai berbagai tips mengenai si Kecil.