Si Kecil terkesan lebih ceria ketika saya memasuki ruangan, apakah ia mengenali saya?

 

Si kecil telah mengenali suara ibunya sejak sebelum ia dilahirkan

Indera pendengarannya berkembang ketika di dalam kandungan pada trimester kedua. Walaupun mungkin Ibu tidak menyadarinya, semenjak saat itu si kecil telah mulai mengamati dan mendengarkan. Dan sekarang ini, ia tengah mengembangkan lebih banyak cara untuk menunjukkan bahwa ia tahu siapa orang tuanya.

Pada awalnya, si kecil mungkin seperti sedikit menganguk-anggukkan kepalanya atau melambaikan tangannya ketika Ibu mendekat. Ia menjadi lebih gembira dan mungkin seperti lebih fokus atau terlihat tertarik begitu Ibu mendekatinya. Ia sudah mengartikan kehadiran Ibu dengan adanya makanan dan ketenangan, karenanya tentu saja ia sangat gembira akan bertemu Ibu!

Kemudian pada sekitar usia 6 minggu, si kecil mungkin akan menunjukkan senyuman sosial pertamanya, suatu ekspresi yang disengaja dan berbeda dari senyuman yang Ibu lihat sebelumnya pada saat ia tidur. Tidak lama lagi, setiap si kecil melihat Ibu, ia akan mulai memamerkan sebuah senyuman lebar yang menunjukkan gusinya. Seperti juga jenis bahasa tubuh lainnya, senyuman si kecil ini adalah kunci untuk berkomunikasi, dalam hal ini, untuk mengkomunikasikan rasa senangnya. Ini merupakan suatu langkah perkembangan yang besar, dengan bertambahnya alat (selain tangis!) yang dimilikinya untuk menyampaikan apa yang ia rasakan kepada Ibu.

Pada kenyataannya, bagaimana ia memamerkan rasa senang dan senyumannya merupakan suatu latihan untuk berbicara di kemudian hari

Bayangkan ini, ketika si kecil tersenyum, apa yang Ibu lakukan? Kemungkinan Ibu akan balas tersenyum padanya. Pada gilirannya, hal ini akan membuat si kecil tersenyum lebih lebar lagi. Pergantian ini mungkin terkesan sederhana tapi sebenarnya hal ini sesuai dengan pola bergiliran (turn-taking pattern) dari percakapan manusia. Hal ini hanyalah satu contoh dari bagaimana tiap tahapan tumbuh kembang saling berhubungan dan saling membangun satu sama lainnya.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, melalui Live Chat di website ini atau via Whatsap di 087777700253 untuk berkonsultasi mengenai berbagai tips mengenai si Kecil