Nasi Goreng Sehat dengan Udang Madu Kedelai

Bahkan sebelum Ibu menjalani masa kehamilan, tubuh Ibu membutuhkan jumlah karbohidrat yang cukup. Saat mengandung si Kecil, Ibu membutuhkan lebih banyak energi dari tubuh, Ibu sebaiknya mengonsumsi sekitar 175 gram karbohidrat per hari untuk memastikan Ibu mendapatkan setengah energi  yang Ibu butuhkan selama kehamilan.

Karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, pasta gandum utuh dan roti gandum utuh menyediakan sumber energi yang Ibu butuhkan. Jika Ibu merasa kelelahan di masa kehamilan coba konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana untuk segera memulihkan energi Ibu.  Karbohidrat sederhana dapat Ibu temukan di susu dan buah seperti pisang dan mangga. Selain itu resep ini juga mengandung vitamin C yang berasal dari pisang dan mangga. Vitamin C berguna untuk pembuatan kolagen dan elastin, yang dapat memperbaiki dan menjaga kesehatan pembuluh darah cocok dikonsumsi saat ibu hamil usia 9 minggu

Porsi Saji: 4

Waktu Persiapan: 10 menit

Waktu Memasak: 20 menit

Total waktu: 30 menit

 

Bahan Baku

pon

Udang ukuran medium, dikupas

2

sdm

Kecap asin (lebih sedikit garam)

2

sdm

Madu

2

sdm

Cuka beras atau jus lemon

3

sdt

Minyak wijen panggang

2

cups

Nasi Merah

1

 

Paprika merah atau hijau dipotong memanjang

6

 

Bawang bombay dicacah

3

siung

Bawang putih dicacah

2

sdt

Jahe parut segar

 

Cara Memasak Nasi Goreng Sehat dengan Udang Madu Kedelai

  1. Di sebuah mangkuk berukuran medium, campurkan udang, kecap asin, madu, cuka dan 2 sdt minyak. Diamkan hingga bumbunya meresap sekitar 10 menit.

  2. Sementara itu, masa 2 gelas beras di alat penanak nasi. Ibu juga dapat menggunakan panci dan kompor untuk menanak nasi.

  3. Panaskan 1 sdt minyak goreng di wajan dan atur suhu panasnya di medium ke tinggi. Tambahkan bawang putih, bawang bombay, jahe, paprika, dan udang yang sudah dibumbui. Ingat untuk tidak membuang bumbu rendamannya. Masak pada suhu rendah, aduk secara rutin selama 3 menit.

  4. Campurkan nasi yang sudah matang dan bumbu rendaman untuk menambahkan rasa. Kurangi panasnya dan masak hingga udangnya berwarna pucat dan matang seluruhnya, ini akan membutuhkan waktu sekitar 2 menit.

Tip: Ibu dapat juga mengganti nasinya dengan pasta Italia potongan kecil yang disebut orzo.

Nutrisi (per sajian)              

Kalori     336.9 kal
Lemak   4.2 g
Lemak Jenuh     0.7 g
Sodium 760 mg
Karbohidrat  52.5 g
Total Gula     9.6 g
Serat Pangan   2.8 g
Protein  22.3 g
Kalsium  81.5 mg
Kolestrol       125 mg         
Kolin   84.3 mg
Folat    163.4 mcg
Magnesium 63.3 mg
DHA  0.1 g
Asam Lemak Omega-6 1 g
Fosfor    346.3 mg
Potasium 328.5 mg
Selenium   29.8 mcg
Vitamin A   1186.5 IU
Vitamin C  38.3 mg

Ingin tahu lebih banyak?

 

Daftar di Enfa Club untuk mendapatkan artikel terbaru serta tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!

Baca Juga : Resep Muffin Pisang dan Selai Kacang