Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 9 minggu?

  • Si Kecil mengembangkan kemampuan motoriknya. Ia dapat menekuk sikunya dan mulai bersiap menendang, karena pembentukan ototnya.

  • Panjang si Kecil sekitar tiga perempat inci atau 2 cm. Ini hampir sama seperti ukuran buah zaitun atau buat anggur.

  • Organ internal dan fitur fisiknya terbentuk, seperti sistem pencernaan dan hidungnya.

Bagaimana perkembangan otak si kecil pada saat Ibu hamil 9 minggu?

Otak si Kecil mulai memproduksi gelombang otak. Apakah Ibu ingin tahu apa yang dipikirkan oleh si Kecil? Memang sekarang Ibu belum tahu, namun Ibu dapat terus memberikannya nutrisi untuk perkembangan otak seperti DHA di saat dan sesudah masa kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di saat hamil 9 minggu ini?

Pembuluh darah merah dan biru yang tampak berantakan akan muncul di kaki Ibu dan ini disebut sebagai pembuluh darah laba-laba. Ini muncul karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah di masa kehamilan, perubahan hormon dank karena adanya faktor genetik. Perubahan gaya hidup di bawah ini dapat mengurangi munculnya pembuluh darah laba-laba dan meningkatkan kesehatan kehamilan Ibu:

  • Konsumsi makanan kaya vitamin C. Tubuh Ibu menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen dan elastin, yang dapat memperbaiki dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

  • Olahraga. Meskipun hanya berjalan jarak dekat, namun ini dapat membuat Ibu lebih rileks dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda juga dapat melakukan senam sederhana yang dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, serta menjaga sistem peredaran darah dan kesehatan jantung anda.

  • Ubah postur duduk Ibu. Menyilangkan kaki Ibu dapat menghambat sirkulasi darah, dan dapat meningkatkan kecenderungan munculnya pembuluh darah laba-laba.

Tips untuk Ibu di saat hamil 9 minggu

Hormon kehamilan dapat menimbulkan beberapa keluhan lain, seperti rasa nyeri di ulu hati. Ini dapat disembuhkan dengan mengurangi konsumsi makanan yang asam dan pedas, juga minuman berkarbonasi dari daftar makanan yang Ibu konsumsi di masa kehamilan.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!

Baca Juga : Kalender Kehamilan untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin ibu sesuai usia kehamilan