Sebagian besar ibu masa kini adalah wanita bekerja. Dan masing-masing harus memutuskan bagaimana mereka menyusui anak selama berada di kantor. Tapi asal disiapkan, terdapat banyak cara untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa tips untuk menyusui ketika ibu sudah kembali bekerja.

Jika Ibu ingin mengetahui lebih banyak mengenai Ibu bekerja dan menyusui, langsung saja mendaftarkan diri di Enfa Club A+ ! Disana Ibu bisa mendapatkan artikel baru serta tips bermanfaat secara gratis. 

Jika Ibu berencana tetap memberikan ASI ekslusif:

Cara terbaik untuk memastikan bayi mendapatkan asupan susu yang cukup adalah dengan memberi ASI eksklusif selama 4-6 minggu pertamanya. Idealnya, kantor memiliki ruang menyusui sehingga Ibu bisa menyusui si kecil selama di kantor. Tapi sayangnya, ruangan seperti ini cukup langka ditemui.

Jika kantor Ibu tidak memiliki fasilitas ini, Ibu setidaknya membutuhkan ruangan yang cukup nyaman untuk memompa dan mendinginkan ASI Ibu. Sebelum cuti melahirkan, bicarakan dengan perusahaan mengenai kemungkinan menyediakan tempat yang bersih dan privat untuk melakukan hal ini.

Pastikan Ibu membeli pompa payudara berkualitas baik, dan cobalah terlebih dahulu di rumah. Pertimbangkan pompa ASI ganda untuk menghemat waktu. Selain itu, Ibu juga membutuhkan kotak pendingin dan kantung es untuk membawa pulang ASI.

Menyusui sebelum berangkat dan sepulang kerja, atau pada hari libur juga merupakan kesempatan yang baik untuk menghabiskan waktu bersama si kecil dan menjaga persediaan ASI.