Mengapa si kecil berguling dari depan ke belakang tapi tidak sebaliknya?

 

Biasanya si kecil berguling dari perut ke punggung mereka lebih dahulu karena memang gerakan ini yang lebih mudah. 

Membalik dari belakang ke depan membutuhkan lebih banyak tenaga dan koordinasi, sehingga mungkin dibutuhkan satu atau dua bulan lagi sebelum si kecil mencoba untuk berguling dari punggung ke perutnya. Tentunya, ada saja beberapa bayi yang suka melakukan sesuatu yang penuh tantangan dan belajar berguling dengan urutan yang terbalik!

Waktu pencapaian untuk kemampuan atau perkembangan ini dapat benar-benar bervariasi. Beberapa bayi dapat membalik tanpa terduga di bulan ke-3 atau ke-4. Beberapa dapat berguling baik dari perut ke punggung maupun dari punggung ke perut di akhir bulan ke-5, sementara  yang lain baru menguasai kemampuan ini sedikit lebih belakangan dari mereka. Ketika si kecil pertama kali berguling, hal ini merupakan hal yang mengejutkan bukan hanya untuk Ibu namun untuk dirinya sendiri!

Sebelum si kecil bisa berguling

 

ia harus membangun dahulu kekuatannya untuk dapat menahan beratnya ketika ia mendorong diri ke atas menggunakan lengan bawahnya. Ia pun seringkali melengkungkan punggungnya untuk kemudian dapat mengangkat kepalanya dan melihat-lihat ke sekitarnya. Ibu juga akan mendapati si kecil melambai, menendang dan berayun ketika berbaring pada perutnya. Gerakan-gerakan ini membantu perkembangan otot-otot di tangan, kaki, dan tulang ekor. Semua otot ini dibutuhkan si kecil untuk berguling.

Begitu si kecil dapat berguling ke kedua sisi, ia akan terus melatihnya pagi dan malam. Jangan terkejut bila ketika Ibu menidurkan si kecil pada punggungnya seperti biasa, lalu Ibu mendapati bahwa di tengah malam ia telah membalikkan dirinya. Tidak perlu panik. Pada usia 6 bulan, risiko Sindroma Kematian Bayi Mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), yang pada beberapa kejadian dapat diakibatkan oleh tidak dapat bernafasnya si kecil yang tidur pada perutnya, akan menurun, dan juga si kecil telah mampu untuk menggerakkan kepalanya untuk mencari udara.

Bahaya yang lebih besar

 

adalah bila si kecil berguling di tengah hari. Karena kemampuannya berguling ini muncul tiba-tiba, dan tidak sepenuhnya disengaja, tidaklah aman meninggalkan si kecil tanpa pengawasan di permukaan tinggi manapun, seperti tempat tidur ataupun meja ganti. Bahkan bila Ibu ada bersamanya, seperti misalnya persis di depan meja ganti, jangan pernah mengalihkan perhatian Ibu dari si kecil. Bila si kecil belum berbalik dan hanya bisa bergerak satu arah, tetaplah ambil tindakan pencegahan, karena Ibu tidak pernah tahu kapan gulingan pertama itu akan terjadi.

Satu lagi hal menarik lainnya mengenai berguling, beberapa bayi yang lebih tua, sekitar 7 atau 8 bulan, yang telah menguasai cara berguling ke kedua arah, menggunakan berguling sebagai cara untuk berpindah tempat.