Kenaikan berat badan di masa kehamilan itu diperlukan untuk mendukung perkembangan janin. Berikut ini beberapa pertanyaan umum tentang berapa banyak kenaikan berat badan yang dapat Ibu harapkan dan kebutuhan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan.

Q: Seberapa banyak kalori yang saya butuhkan di masa kehamilan?

A: Hanya sekitar 300kkal, dimulai di 4 bulan kehamilan. Pilih makanan yang kaya akan nutrisi. Roti isi ayam, dengan mustard gandum utuh adalah contoh yang baik.

Q: Seberapa banyak tambahan berat badan yang dapat saya harapkan di masa kehamilan?

A: Jika dirata-rata sekitar, 11,5 hingga 16 Kg. Perempuan dengan tubuh yang lebih kecil mungkin membutuhkan lebih banyak a energi. Jika Ibu merasa berat badan Ibu sudah lebih di awal, mungkin Ibu hanya perlu menaikan sedikit berat badan.

Q: Seberapa banyak dari tambahan berat badan ini yang merupakan berat badan bayi?

A: Sekitar 25% dari berat ini adalah berat badan bayi. Sisanya 10% plasenta dan cairan amniotik. Yang lainnya adalah sarana pendukung penting untuk bayi, seperti kadar darah, payudara, saraf di rahim dan lemak yang disimpan.

Q: Bagaimana tingkat kenaikan berat badan saya?

A: Kenaikan berat badan biasanya lambat pada 3 bulan pertama. Setelah ini, janin akan tumbuh jauh lebih cepat. Meskipun perkembangannya tidak selalu sama, berikut ini panduan kenaikan berat badan Ibu.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu dapat menghubungi Enfa A+ Smart Center Via Live Chat & Whatsapp di 08777700253 untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai berbagai informasi dan tips kenaikan berat badan yang ideal pada tiap trimester kehamilan.