Pantai menjadi salah satu destinasi liburan yang menyenangkan untuk keluarga. Tentunya Ibu juga bisa membawa si Kecil berlibur di pantai. Di usianya yang sedang bertumbuh dan berkembang, si Kecil cenderung belajar banyak dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membawanya ke pantai, si Kecil bisa mempelajari banyak hal untuk meningkatkan kecerdasannya. Namun, Ibu harus memperhatikan beberapa hal penting yang ada di bawah ini saat membawa si Kecil bermain ke pantai.

Penggunaan tabir surya

Paparan sinar matahari langsung memang tidak baik untuk kulit si Kecil yang masih sangat sensitif. Maka, bagi anak yang berusia di bawah 6 bulan, jauhkan ia dari sinar matahari dan berdiamlah di tempat yang teduh. Untuk si Kecil yang berusia di atas 6 bulan, jauhkan ia dari sinar matahari langsung terutama pada pukul 11 siang hingga 3 sore karena matahari sedang terik-teriknya. Berikan si Kecil pakaian dari bahan katun yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Gunakan juga tabir surya dengan SPF 15 yang direkomendasikan untuk anak usia 6 bulan ke atas untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan dengan mengolesinya pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, seperti tangan dan kaki setidaknya 15 menit sebelum menuju ke pantai.

Perlengkapan apa saja yang dibutuhkan

Berikut ini adalah perlengkapan yang perlu disiapkan untuk si Kecil bermain di pantai:

  • Tabir surya dengan SPF 15
  • Tenda dan payung
  • Pakaian renang, termasuk pakaian dalam dan pakaian lainnya untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung.
  • Kacamata hitam dan topi lebar
  • Baju ganti untuk si Kecil, popok yang digunakan saat berenang dan handuk
  • Pelampung atau rompi renang khusus bayi
  • Botol untuk menyimpan ASI atau susu formula
  • Camilan sehat supaya si Kecil tidak dalam kondisi lapar ketika bermain air di pantai
  • Peralatan mainan seperti ember, sekop dan beberapa cetakan pasir

Selalu awasi kegiatan si Kecil  

Pastikan Ibu memilih pantai yang bersih sekaligus juga terpelihara dengan baik. Pilihlah posisi yang tidak terlalu dekat dengan air laut. Jika si Kecil sudah bisa duduk sendiri, perhatikan agar selama bermain si Kecil tidak memakan atau memasukkan apa pun yang ditemukannya di pantai ke dalam mulut, seperti misalnya memakan pasir atau meminum air laut. Jika si Kecil terlihat ingin bereksplorasi, biarkan dan tetap awasi si Kecil. Pastikan si Kecil tetap berada di dekat Ibu dan keluarga.

Kenalkan air laut pada si Kecil

Pegang erat-erat si Kecil ketika Ibu mengajaknya bermain di air laut. Pilihlah tempat yang dangkal dan tenang. Biarkan si Kecil mengenal air laut, tetapi usahakan untuk tidak berada di dalam air terlalu lama untuk menghindari si Kecil kedinginan. Segera berikan si Kecil handuk setelah selesai bermain di air laut.

Cukupi kebutuhan cairan si Kecil

Cuaca di pantai cenderung panas, maka dari itu Ibu perlu memenuhi kebutuhan cairan si Kecil. Berikan si Kecil cukup minum, baik ASI jika usianya di bawah 6 bulan atau susu formula dan tambahan air putih jika si Kecil sudah memulai MPASI.

 

Sumber:

https://www.babycentre.co.uk/a554722/taking-your-baby-to-the-beach