Mulut bayi Ibu akan mengalami perkembangan yang pesat pada umur 4 bulan sebab akan mengeluarkan air liur dan ia akan menjadi rewel, karena itu menandakan tumbuhnya gigi. Selain itu, akan ada banyak perubahan yang dialami si kecil. Perubahan lainnya juga akan membantu si kecil untuk menikmati makanan padat pertamanya.

Apakah Bayi Anda Siap Memulai Makanan Padat?

 

Gigi pertama

 

Antara umur 4 dan 7 bulan, gigi akan mulai tumbuh. Gigi pertama si kecil tidak diperlukan untuk mengunyah makanan padat dan tidak direkomendasikan mengunyah hingga berumur 6 bulan. Faktanya, si kecil tidak bisa mengunyah dengan sempurna hingga dia berumur 4 tahun. Gigi pertama yang akan muncul adalah gigi seri atas atau gigi seri bawah- diikuti dengan tumbuhnya gigi geraham pertama dan setelah itu gigi taring.

Kemampuan oral yang baru

 

Pada umur 4 bulan, si kecil akan mulai memiliki kemampuan untuk menggerakkan makanan padat dalam mulutnya dengan menggerakkannya dari depan ke belakang mulut untuk menelan. Refleks bayi saat menyusui seperti refleks muntah, refleks mencari puting dan refleks mendorong lidah akan mulai hilang saat saraf dan otot mulai berkembang, agar si kecil dapat memakan makanan padat nanti. Si kecil mungkin akan dapat melakukan pergerakan naik turun seperti mengunyah saat melihat makanan.

Bayi Ibu akan tertarik pada makanan yang dimakan keluarga

 

Si kecil akan mengikuti makanan tersebut dengan matanya saat Ibu sedang menyajikan makanan dan ia akan menunjuk kepada makanan tersebut jika dia lapar bahkan akan mencoba meraih makanan tersebut.

Baca juga: Sistem Pencernaan Bayi Pada Usia 1 Bulan dan juga Sistem Pencernaan Bayi Pada Usia 6 Bulan.