Saat lahir, bayi Ibu sudah memiliki sistem pencernaan yang sudah sepenuhnya terbentuk (namun belum sempurna) dan sudah siap untuk mencerna nutrisi pertamanya.

Nutrisi dalam ASI akan membantu sistem pencernaan si kecil berkembang di hari, bulan, dan tahun yang akan datang. Apa yang bisa Ibu harapkan saat ini?

Dalam 24 jam pertamanya setelah lahir, saluran pencernaan bayi akan mencerna asupan untuk pertama kalinya. Perlu diingat:

 

1. Bayi yang baru lahir memiliki kapasitas lambung seukuran kelereng

 

Namun Ibu jangan khawatir karena lambung si Kecil akan terus membesar dalam beberapa hari selanjutnya.

2. Dinding perut si kecil agak kaku dalam beberapa hari pertama setelah kelahiran

 

Oleh karena itu asupan yang dicerna akan bergerak perlahan dari lambung ke usus.

3. Bayi ibu hanya akan bisa menelan sekitar tiga sendok makan ASI di hari pertamanya

 

Pada Ibu yang menyusui untuk enam bulan pertama atau kedepannya, si kecil mungkin ingin meminum susu setiap jam. Alasan lain untuk menyusui lebih sering dalam jumlah yang kecil adalah pada mulanya payudara Ibu menghasilkan ASI dalam jumlah kecil dengan protein tinggi dan kaya dengan antibodi yang disebut kolostrum.

Bayi baru lahir memiliki 4 refleks yang berhubungan dengan pencernaan yang membantu saat makan atau menyusui:

 

1. Refleks mencari puting

 

Memudahkan si kecil untuk mencari dan melekat pada puting. Kontak kulit antar Ibu dan si kecil (Inisiasi Menyusui Dini) dapat memicu refleks ini.

2. Refleks menghisap/menelan

 

Mengkoordinasikan gerakan mulut dengan pernapasan, membantu si kecil untuk minum ASI dengan mudah. Refleks ini cukup kuat setelah lahir, dan para ahli menyarankan Ibu untuk segera menyusui 1 jam setelah melahirkan.

3. Refleks mendorong lidah

 

membuat si kecil mendorong lidahnya ketika bibirnya menyentuh puting. Refleks ini memudahkan si kecil pada saat sedang menyusu.

4. Refleks muntah

 

Menghalau makanan padat supaya tidak tertelan oleh si kecil yang berumur kurang dari 4 hingga 6 bulan.

Pada saat yang sama, sistem pencernaan si kecil yang baru lahir bersiap-siap untuk pekerjaan barunya yaitu mencerna dan memproses ASI dengan cara-cara berikut ini: 

 

1. Meningkatkan asam lambung

 

Kadar asam lambung berlipat ganda dalam 24 jam setelah kelahiran. Hal ini membantu memecah protein susu dalam lambung.

2. Memperbanyak laktase

 

Hampir semua anak dilahirkan dengan kemampuan untuk menghasilkan laktase dalam jumlah yang besar, suatu enzim yang bekerja di usus untuk mencerna laktosa.Tingkat laktase yang tertinggi adalah saat kelahiran, kemudian turun selama tahun pertama. Untuk kebanyakan orang, tubuh berhenti memproduksi laktase yang cukup untuk mencerna susu pada masa kanak-kanak dan remaja.

Baca juga: Sistem Pencernaan Bayi di Bulan Pertama