Apa yang terjadi saat ibu hamil dengan usia kehamilan 31 minggu?

  • Si kecil mulai memiliki pola tidur. Si Kecil akan mulai lebih banyak tidur, karena pada saat hamil 31 minggu ini ia bekerja keras dalam mengembangkan pembentukan otak dan butuh banyak istirahat.

  • Sistem di tubuh si kecil mulai terbentuk, seperti sistem pencernaan di dalam tubuhnya. Perkembangan dari sistem saraf pusatnya juga membuat si Kecil mulai mampu mengatur suhu tubuhnya.

  • Berat badan si kecil mulai lebih dari 1,3 kg dan panjangnya sekitar 18 inci (45 cm) dari kepala hingga ujung kaki.

Bagaimana perkembangan otak si kecil saat Ibu hamil 31 minggu?

  • Si Kecil sedang membentuk memiliki triliunan koneksi pada otaknya. Ini membantunya memproses informasi dan mempelajari kemampuan sensorik, misalnya mata si Kecil mulai mengikuti cahaya di luar tubuh Ibu.

  • Berikan si Kecil dorongan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 atau DHA, yang penting untuk perkembangan otaknya.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 31?

Pada tahap kehamilan 31 minggu ini, Ibu mungkin merasa lebih sulit bernafas karena perut Ibu yang semakin membesar mulai mendorong paru-paru ke atas. Lakukan langkah-langkah di bawah ini, untuk menjadikan sisa masa kehamilan ini nyaman bagi Ibu:

  • Monitor asupan Ibu. Kesulitan bernafas dapat menjadi tanda anemia, atau kekurangan zat besi. Konsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam dan lentil.

  • Olahraga teratur. Ibu akan lebih mudah bernafas bila Ibu selalu fit dan memiliki kenaikan berat badan yang ideal . Ingat untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan jenis olahraga apapun selama masa kehamilan.

Tips untuk Ibu hamil saat usia kehamilan 31 minggu

Memiliki kenaikan berat badan selama masa kehamilan adalah 31 minggu hal baik yang harus dijaga hingga akhir kehamilan. Ibu sebaiknya mengalami kenaikan berat badan sekitar 450 gram hingga satu kilogram tiap minggu selama masa kehamilan trimester ketiga.

Baca Juga : Kondisi janin ibu saat ia hamil usia 32 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!