Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 25 minggu?

  • Di saat ibu hamil 25 minggu ini si Kecil telah bersiap untuk nafas pertamanya saat ia lahir. Kini ia mulai membuat gerakan bernafas sekitar 14% dari waktunya dan 44 kali per menit. Pita suaranya juga berfungsi, dan ia siap untuk menangis.

  • Sistem sirkulasi si Kecil berkembang. Kapilernya terus terbentuk dan mulai terisi dengan darah. Zat besi adalah bagian penting dari sel darah merahnya, maka sebaiknya Ibu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

  • Panjang si Kecil kini sekitar 22 cm. Berat badannya sekitar 680 gram.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 25 minggu?

  • Perkembangan otak si Kecil membantunya untuk semakin sadar akan sekelilingnya. Ia mungkin akan merespon dengan tendangan saat Ibu berbicara dengannya.

  • Untuk mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil, nutrisi si Kecil dengan makanan yang kaya akan kandungan DHA.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 25 ini?

Bengkak di masa kehamilan dapat memberikan tekanan pada saraf Ibu, ini membuat Ibu sering merasa kesemutan dan bisa menyebabkan rasa sakit yang disebut carpal tunnel syndrome (CTS). Lakukan tips di bawah ini untuk mengurangi risiko CTS dan menjadikan masa kehamilan Ibu jadi lebih nyaman:

  • Pantau kenaikan berat badan Ibu. Pada masa hamil 25 minggu ini Ibu lebih rentan terhadap CTS jika Ibu memiliki kenaikan berat badan yang terlalu banyak.

  • Hindari gerakan berulang yang memberi tekanan pada tangan dan pergelangan tangan Ibu, seperti mengetik. Gunakan keyboard yang ergonomis dan batasi waktu Ibu dalam menggunakan ponsel cerdas.

Tips untuk Ibu di saat hamil 25 minggu

Letakan ponsel cerdas di luar jangkauan Ibu saat akan tidur! Beristirahat dengan baik sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Si Kecil akan mulai mengikuti jadwal tidur, walau mungkin belum sesuai dengan jadwal Ibu. Mungkin Ibu akan merasa si Kecil aktif ketika Ibu baru akan tidur.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil! Ketahui pula bagaimana tips untuk ibu saat hamil usia 26 minggu dan keluhan apa saja yang akan dihadapai sehingga ibu dapat mempersiapkan mental dan cara untuk mengatasi permasalahna tersebut.