Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, rasanya deg-degan sekaligus bangga ya, Bu. Mengingat persalinan sudah semakin dekat, apa saja ya, yang wajib Ibu lakukan serta persiapkan?

Simak ulasannya di bawah ini, yuk! Jangan sampai terlewat, karena kesehatan Ibu dan janin, sama pentingnya.

1. Tetap kontrol sesuai jadwal

Ukuran janin yang semakin membesar membuatnya semakin mudah dideteksi dengan ultrasonografi (USG). Pastikan Ibu melakukan USG sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh dokter kandungan, ya.

Meski tak selalu USG, kontrol ke dokter akan membuat Ibu merasa tenang menjelang persalinan. Ini penting, mengingat usia hamil tua tergolong sangat rentan terhadap masalah atau komplikasi kehamilan.

2. Hitung tendangan janin

Tahukah Ibu, menghitung gerakan janin dapat membantu Ibu memprediksi kondisi janin di dalam kandungan. Sebab, tidak selamanya janin yang aktif bergerak selalu menunjukkan janin dalam keadaan sehat.

Pergerakan janin yang terlalu sering dan kencang, bisa saja menandakan janin tidak nyaman di dalam rahim. Salah satu penyebabnya, adalah terlilit tali pusar yang menyebabkan oksigen sulit masuk.

Begitu pula dengan pergerakan janin yang terlalu lambat. Untuk itu, Ibu perlu mengenali ritme gerakan janin setiap harinya. Pastikan Ibu mengetahui berapa kali biasanya janin bergerak baik itu dengan menendang, berputar, ataupun mengulet.

Jika suatu hari Ibu merasakan perubahan pola gerakan janin yang sangat signifikan, misalnya janin menjadi terlalu aktif atau kurang bergerak, Ibu bisa mengkonsultasikannya ke dokter.

3. Latih pernapasan

Di trimester ketiga, napas Ibu akan memendek, lho. Hal ini disebabkan oleh diafragma yang tertekan seiring dengan membesarnya ukuran perut.

Di sisi lain, pernapasan yang teratur akan membantu Ibu melalui proses persalinan. Untuk itu, Ibu perlu mempersiapkannya sejak sekarang.

Ikuti kelas prenatal secara rutin yang meliputi latihan pernapasan. Biasanya, latihan pernapasan juga akan diselingi dengan senam hamil, pilates, atau yoga.

4. Perbanyak jalan kaki

Berjalan kaki akan membantu Ibu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, jalan kaki juga bisa melatih otot panggul Ibu lebih kuat untuk persiapan melahirkan. Harapan lain, tentu saja agar bayi bisa dengan mudah masuk ke panggul, ya, Bu.

Untuk menjalankan aktivitas ini, Ibu bisa berjalan kaki di sekitar rumah saat pagi hari, sekaligus berjemur mendapatkan vitamin D dan menghirup udara segar.

Jika memungkinkan, Ibu juga bisa mencoba berjalan kaki di kolam renang sembari melatih pernapasan dengan berenang.

5. Jangan minum banyak air sebelum tidur

Mulai merasakan sering buang air kecil saat hamil ya, Bu? Jangan khawatir, hal tersebut normal, kok! Hal ini disebabkan posisi kandung kemih yang tertekan seiring dengan membesarnya ukuran rahim. Minum air putih secukupnya paling lambat 1 jam sebelum tidur, ya, Bu.

6. Memastikan tubuh tidak kekurangan nutrisi

Tahukah Ibu bahwa trimester ketiga adalah waktu dimana organ-organ tubuh janin sedang dalam tahap penyempurnaan. Maka dari itu, nutrisi untuk ibu hamil dan bayi justru tidak boleh kurang sedikitpun! Mulai dari zat besi, mineral, serta vitamin-vitamin, semuanya akan menjalankan perannya masing-masing untuk membentuk organ tubuh bayi yang sempurna. Untuk mempersiapkannya, pastikan Ibu selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, ya.

Salah satunya dengan melengkapi menu makanan sehat Ibu. Susu hamil adalah salah satu yang paling diandalkan. Dari segelas susu, ibu hamil bisa mendapatkan asupan nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk kesehatan janin di dalam kandungan.

Enfamama A+ hadir dengan formula sumber protein dan serat. Selain itu, formula susu hamil ini juga dilengkapi dengan 7 jenis vitamin, 5 mineral, asam folat yang tinggi, serta kalsium, dan zat besi. Enfamama A+ diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Jadi, Ibu tak perlu mengganti susu lagi setelah melahirkan nanti.

Kalau ada yang lengkap dan mudah dikonsumsi, kenapa harus pilih yang lain? Saatnya Ibu merasakan sendiri manfaat untuk kesehatan Ibu dan janin dari setiap tetes Enfamama A+.

Pesan di sini dan selamat merasakan manfaatnya, ya, Bu!