ASI merupakan makanan terbaik bagi si Kecil. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan Ibu untuk memberikan ASI eksklusif sampai si Kecil setidaknya berusia 6 bulan, dan dapat dilanjutkan hingga ia mencapai usia 2 tahun.

Jika si Kecil sudah tidak lagi menyusui ASI, Ibu dapat mencoba memperkenalkan susu pertumbuhan. Yuk, cari tahu tentang manfaat susu pertumbuhan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Kapan sebaiknya mengenalkan susu pertumbuhan pada si Kecil?

Saat si Kecil menginjak usia satu tahun, umumnya volume ASI Ibu mulai berkurang. Namun Ibu tak perlu khawatir, karena pada usia ini, si Kecil sudah dapat mengonsumsi MPASI untuk mendukung asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Jika Ibu sudah berhenti memberikan ASI pada si Kecil, susu pertumbuhan berbentuk susu formula dapat diperkenalkan kepada si Kecil. Di usia 1 tahun, ginjal dan sistem pencernaan si Kecil telah siap mengolah susu formula dan mengubahnya menjadi nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan begitu, nutrisi lain yang masuk melalui makanan juga bisa ikut terserap dengan baik.

Seberapa penting peran susu formula untuk tumbuh kembang si Kecil?

Susu sapi mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium sangat dibutuhkan oleh si Kecil dalam membangun struktur tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga berfungsi mengatur pembekuan darah serta mengoptimalkan kinerja otot.

Susu juga menjadi salah satu dari sedikit sumber vitamin D, selain yang terbanyak bisa Ibu dapatkan melalui sinar matahari. Vitamin D akan membantu tubuh si Kecil menyerap kalsium dengan baik, sehingga pertumbuhan fisik si Kecil pun juga berjalan optimal.

Tak cuma kalsium, susu formula juga dilengkapi dengan protein untuk pertumbuhan si Kecil secara berkelanjutan. Begitu juga dengan karbohidrat laktosa, yang akan memberi energi pada si Kecil agar tetap aktif dan ceria.

Semua nutrisi tersebut bisa Ibu dapatkan di dalam Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula. Susu bubuk untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki kandungan Omega 3 dan Omega 6 tertinggi, lho! Tentu saja, ini sangat baik untuk membentuk kecerdasan si Kecil.

Selain itu, Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula juga tinggi vitamin B kompleks, serta mengandung DHA dan Beta-Glucan. Sebuah paket lengkap untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi si Kecil sejak dini!

Adakah takaran tertentu bagi si Kecil untuk mengonsumsi susu formula?

Berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics (AAP), anak berusia 1 tahun bisa meminum 2 gelas kecil (473 ml) susu formula setiap harinya. Sementara pada usia 2 tahun, kebutuhan si Kecil untuk susu formula adalah 2 gelas besar (532 ml) setiap hari.

Memberi susu formula berlebihan justru tidak disarankan. Dikhawatirkan, anak menjadi cepat kenyang karena lambungnya tidak lagi memiliki ruang untuk makanan lain. Padahal, nutrisi dari sumber makanan lainnya tetap harus dibutuhkan.

Jadi, pastikan Ibu mengikuti anjuran pemakaian susu formula sesuai yang tertera di kemasan, ya. Pastikan juga Ibu memberikan susu formula yang sesuai dengan usia si Kecil.

Bagaimana jika si Kecil selalu menolak susu formula?

Drama ini mungkin dialami oleh sebagian besar Ibu. Mengingat ini adalah hal yang butuh penyesuaian, Ibu bisa mencoba cara di bawah ini agar si Kecil tertarik minum susu formula:

1. Tambahkan susu formula pada makanan

Pada usia 1 tahun, tentu si Kecil sudah bisa mengeksplorasi banyak jenis makanan mulai dari puding, yogurt, roti, dan camilan lainnya. Ibu bisa mencampurkan susu formula ke dalam makanan-makanan tersebut, sehingga nutrisi dari susu formula bisa diterima dengan baik oleh tubuh si Kecil.

2. Latih si Kecil untuk eksplorasi rasa

Jika si Kecil terbiasa untuk makan bubur, saatnya Ibu mengeksplor makanan-makanan baru agar si Kecil bisa ikut mengenal berbagai rasa makanan. Ibu juga bisa menyiapkan menu-menu baru untuk si Kecil agar ia terbiasa dengan rasa susu yang ingin Ibu kenalkan.

3. Buat aktivitas jadi seru

Mengenalkan susu formula pada si Kecil ada banyak cara, lho, Bu! Jangan berputus asa dan coba terus, ya. Mulai dari menggunakan cup feeding, pipet, atau botol minum anti tumpah, Ibu wajib mencobanya untuk mengetahui mana yang paling membuat si Kecil nyaman. Atau justru, si Kecil lebih nyaman jika disuapi Ibu menggunakan sendok? Bisa saja!

Apa yang Ibu lakukan sekarang, tentu akan menjadi dasar tumbuh kembang si Kecil seterusnya.

Jadi, jangan patah semangat untuk memberikan susu formula pada si Kecil ya, Bu! Eksplorasi juga rasa favorit si Kecil dengan varian rasa Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula yaitu Original, Honey, dan Vanilla.

Siapa tahu, si Kecil justru suka dengan ketiganya? Semoga saja! Selamat mencoba, Ibu!