Jika Ibu ingin mendorong pembelajaran sejak awal kepada si Kecil? Si Kecil memerlukan kamar sendiri. Apa saja sih yang harus disiapkan? Inilah beberapa hal yang perlu Ibu masukkan dan harus dihindarkan pada desain kamar bayi si Kecil. 

1. Jangan terlalu banyak dekorasi pada ruangan

Ketika Ibu sedang mempertimbangkan ide-ide kamar bayi, Ibu sebaiknya membuatnya simple, agar ruangannya tidak terlalu terlihat berantakan seperti banyak poster, mainan, stiker dan lain-lain. Karena terlalu banyak stimulasi mungkin akan membuat si Kecil jadi sulit untuk fokus belajar secara efektif dari lingkungan kamar tersebut. Gunakan keranjang untuk menyimpan mainan dan pastikan bahwa mainan-mainan tersebut tidak terlihat oleh penglihatan si Kecil ketika mau tidur. 

2. Cerdas dalam memilih warna

Ibu mungkin akan tergoda untuk membawa banyak warna pastel atau merah muda ke dalam ide-ide kamar bayi untuk si Kecil. Tapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa ternyata bayi lebih suka untuk melihat warna-warna dengan pola kontras tinggi, yaitu hitam dan putih. Nuansa ini akan terlihat menarik bagi si Kecil. 

Nah, bila Ibu menginginkan kamar bayi dengan tema hewan, Ibu bisa memilih zebra, pinguin atau sapi untuk menarik perhatian dirinya. Pada usia sekitar 4 bulan, si Kecil mulai bisa membedakan secara visual berbagai warna primer (biru dan merah menjadi favorit). 

3. Beri tempat untuk musik pada ruangan si Kecil

Musik merupakan sebuah dukungan yang luar biasa untuk perkembangan si Kecil. Seperti yang telah disebutkan oleh beberapa penelitian bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan ketenangan, merangsang indera pendengaran, meningkatkan respon sensorik dan juga daya ingat. Saat si Kecil mulai tumbuh, lagu-lagu yang ada di dalam musik juga akan mengajarkan angka dan huruf. 

4. Sediakan buku di dalam kamar si Kecil

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa membacakan buku kepada si Kecil dapat mengajari dirinya berkomunikasi, mendukung keterampilan bahasa, mengenalkan konsep (seperti huruf, angka, warna dengan cara yang menyenangkan), mendorong perkembangan otak dan masih banyak lagi. Ibu bisa meletakkan buku-buku bergambar di kamar si Kecil agar dirinya dapat belajar mengenai lingkungan di sekitarnya sejak dini.