Bernyanyi sambil menjalani hari-hari bersama si Kecil merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tapi, tahukah Mom bahwa bernyanyi bersama si Kecil juga merupakan kegiatan yang bermanfaat? Yuk, ketahui bagaimana bernyanyi dapat mendukung perkembangan bicara dan bahasa anak. Pelajari juga bagaimana si Kecil dapat memperoleh manfaat dari bernyanyi!

Bagaimana Bernyanyi Mendukung Perkembangan Bicara & Bahasa Anak?

Banyak kesempatan untuk bernyanyi bersama si Kecil di rumah. Mulai dari menyanyikan lagu penghantar tidur hingga bermain dengan kata dan kalimat sehari-hari menjadi lagu yang menarik. Bernyanyi lebih dari sekedar membuat si Kecil terhibur dan terlibat. Terbukti bahwa ketika si Kecil belajar ritme dan melodi melalui nyanyian, kesadaran mereka akan suara kata dan ukuran kosa kata akan meningkat.

Berikut adalah beberapa cara bagaimana bernyanyi dapat mendukung perkembangan bicara dan bahasa pada si Kecil:

  • Membedakan suara atau bunyi.
  • Memahami struktur suara.
  • Memori pendengaran, atau kemampuan untuk mendengar, memproses, menyimpan, dan mengulang informasi.
  • Pengembangan kosakata.

Tips Memanfaatkan Bernyanyi untuk Pengembangan Keterampilan Berbicara

Sebenarnya tidak ada cara yang salah untuk mengembangkan keterampilan berbicara si Kecil dalam kegiatan sehari-hari. Namun, berikut adalah tips yang terbukti mampu mengembangkan keterampilan berbicara dan kemampuan bahasa si Kecil lewat bernyanyi:

1. Bernyanyi secara perlahan

Tidak perlu terburu-buru, bernyanyilah perlahan dengan si Kecil sehingga mereka dapat mengejar, menangkap, bernyanyi bersama, dan secara efektif memproses apa yang mereka nyanyikan.

2. Saling berhadapan

Si Kecil tidak hanya akan melihat bagaimana mulut, lidah, dan bibir membentuk suara yang Mom nyanyikan. Kontak mata juga bagus untuk membangun koreksi si Kecl.

3. Biarkan si Kecil mengingat kata-kata

Jika si Kecil sudah terbiasa dengan kata-kata dari sebuah lagu, coba berhenti bernyanyi sejenak dan biarkan si Kecil mencoba mengingat kata-katanya untuk mengasah memori.

4. Gunakan gerakan

Anak kemungkinan akan meniru gerakan Anda, jadi menghubungkan kata-kata dengan gerakan akan melatih keterampilan motorik mereka.

5. Gunakan alat bantu visual

Seperti ilustrasi pada buku gambar yang dapat membantu memperjelas konteks saat Mom menceritakan sesuatu ke anak, menggunakan alat bantu visual dapat membantu anak menghubungkan kata dan konsep dengan lebih efektif.

6. Ulangi, ulangi, dan ulangi

Semakin sering Mom mengulangi lagu tersebut, semakin baik si Kecil akan mengingatnya dan semakin banyak kesempatan yang mereka miliki untuk berlatih dan memahami kata-kata dalam konteksnya.

 

Source: