Pertanyaan Penting untuk Ditanyakan ke Dokter Anak

Menurut American Academy of Pediatrics, kunjungan pertama A+ Moms dan si Kecil ke dokter anak sebaiknya dilakukan 3-5 hari pasca kelahiran. Selama kunjungan ke dokter anak, biasanya perawat akan melakukan pemeriksaan awal pada si Kecil, mulai dari menimbang, mengukur tinggi badan dan lingkar kepala, serta memeriksa apakah ada penurunan berat badan yang normal terjadi pada si Kecil yang baru lahir (hingga 10% dari berat badan mereka).

Dokter anak akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada si Kecil, yang meliputi:

1. Kepala

Fontanel (bagian lunak di antara pelat tengkorak kepala pada bagian atas dan belakang kepala) akan diperiksa. Jika bintik-bintik lembut tersebut menutup terlalu cepat, hal ini akan mempengaruhi perkembangan otak dan membutuhkan operasi.

2. Panggul

Dokter anak akan memeriksa tanda-tanda perkembangan displasia panggul, yang mempengaruhi 1 dari 1.000 a+ . Jika terdeteksi secara dini, biasanya Dokter anak akan merekomendasikan A+ Moms untuk menggunakan alat penyangga panggul selama beberapa bulan.

3. Refleks

Refleks moro adalah suatu respon tiba-tiba pada si Kecil yang baru lahir. Dokter anak akan memeriksa refleks moro, karena jika si Kecil kurang menunjukkan refleks mengindikasikan masalah neurologis. Dokter Anak juga mungkin memeriksa refleks gerakan jari-jari tangan dan kaki (grasping reflex).

4. Nadi

Dokter anak akan memeriksa nadi di arteri femoralis (arteri besar paha) yang berhubungan dengan kondisi jantung.

5. Genital

Dokter anak akan memeriksa alat vital si Kecil, termasuk testis pada anak laki-laki dan adhesi labial pada anak perempuan.

Dokter anak juga akan bertanya tentang pola menyusui seperti durasi dan frekuensi,  makan si Kecil, di antaranya frekuensi, durasi, masalah yang terkait dengan ASI atau susu formula, serta sistem pencernaan dan pola tidur. Terakhir, dokter anak juga akan membahas vaksin dan imunisasi.

A+ Moms juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan penting kepada Dokter anak misalnya;

  1. Apakah kebiasaan si Kecil saat ini termasuk normal?
  2. Apakah makanan si Kecil sudah cukup?
  3. Apakah bentuk kotoran si Kecil normal?
  4. Kapan jadwal konsultasi berikutnya harus dijadwalkan?
  5. Apa yang bisa saya lakukan dalam waktu dekat untuk si Kecil?
  6. Apa tanda peringatan awal kesulitan menyusui, dan bagaimana cara mencegahnya?
  7. Apakah konsultan laktasi bisa membantu menghadapi tantangan menyusui?

Jangan lupa untuk mempersiapkan daftar pertanyaan untuk ditanyakan ke Dokter Anak selama sesi konsultasi.