Menginjak usia 1 tahun merupakan milestone yang luar biasa bagi anak Ibu dan juga bagi kedua orangtua. Meskipun si Kecil mungkin tidak bisa mengingat apa pun dari perayaan ulang tahun pertamanya, momen istimewa ini tetap dapat menjadi perayaan yang menyenangkan bagi orangtua. Perayaan ulang tahun pertama si Kecil dapat menjadi kesempatan bagi Ibu untuk berkumpul bersama dengan teman dan keluarga terdekat dalam suasana yang lebih santai sambil berbincang hangat.

Rencanakan Pesta Ulang Tahun Pertama Anak Dengan Ide Unik Berikut Ini

Agar acara pesta ulang tahun pertama berjalan lancar, rencanakanlah dengan matang. Misalnya dengan memilih tema pesta yang menggemaskan, lengkap dengan kartu undangan lucu, kue ulang tahun, dekorasi, camilan, dan hiburan bagi semua tamu yang akan hadir. Sedang mencari inspirasi tema ulang tahun pertama si Kecil? Simak 6 ide berikut ini untuk merencanakan pesta ulang tahun pertama yang super unik dan penuh kenangan.

1. Camping Playground

Sulap halaman rumah menjadi area kemping sekaligus area bermain bagi si Kecil dan teman-teman mungilnya. Ibu bisa memasang beberapa tenda dan bantal-bantal besar untuk duduk-duduk santai bersama. Jangan lupa untuk mendandani area halaman rumah dengan dekorasi outdoor yang unik, seperti pot-pot bunga, lampu taman, hingga bendera warna-warni yang dapat digantungkan di sekeliling area halaman.

2. Smash the Cake

Ini merupakan salah satu tema ulang tahun pertama yang cukup populer. Unik karena si Kecil dapat puas bermain dan mengacak-acak kue ulang tahunnya sambil orangtua mengabadikan momen mengesankan ini. Dudukkan si Kecil di kursi bayi, dan jangan lupa beri alas di sekitar lantai agar Ibu tidak repot membersihkan remah-remah yang bertebaran.

3. Fairytale

Ibu bisa mengambil ide tema ulang tahun pertama dari buku cerita favorit si Kecil. Sulap area pesta menjadi dunia khayalan lengkap dengan karakter dan dekorasi unik. Ibu juga bisa mengambil ide dari buku cerita untuk menghias makanan hingga kue ulang tahun si Kecil.

4. Pajama Party

Jika Ibu berencana mengundang teman-teman si Kecil, merayakan ulang tahun pertamanya dengan tema piyama sangat sesuai. Bayi umur 1 tahun masih membutuhkan banyak waktu istirahat, dan jika para tamu kecil terlihat lelah, tidak perlu ganti kostum lagi, orangtua dapat langsung menidurkan mereka dalam piyamanya. Siapkan area tenang yang redup dengan matras sebagai area istirahat para tamu kecil ini.

5. Antariksa

Ingin mengadakan pesta ulang tahun yang luar biasa? Pukau tamu-tamu Ibu dengan tema antariksa yang menggemaskan. Lengkap dengan roket, kostum astronot, bintang-bintang dan awan sebagai hiasan. Ibu juga bisa mendandani si Kecil seperti tokoh populer yang identik dengan ruang angkasa, seperti Buzz Lightyear, atau bahkan Elon Musk. 

6. Safari

Ciptakan dunia imajinasi dengan berbagai hewan liar seperti jerapah, gajah, singa, monyet dan rayakan pesta ulang tahun pertama si Kecil dengan meriah. Ibu bisa menyiapkan topeng-topeng binatang untuk dikenakan oleh para tamu,dan lengkapi hiasan safari dengan pohon-pohon, dedaunan dan makanan bertema tropis untuk memperkuat tema hutan tropis yang rimbun.