Rutinitas mandi si Kecil biasanya membutuhkan dukungan, seperti banyaknya mainan air pada bak mandi si Kecil. Mainan air bisa memberi si Kecil semangat untuk mandi karena biasanya ada masa-masanya si Kecil susah untuk mandi.

Namun, tahukah Ibu, bahwa mainan air si Kecil juga bisa menjadi tempat bakteri berkumpul? Mungkin Ibu sering membersihkan bagian luar mainan, tetapi bagian dalam mainan air si Kecil terkadang luput dari perhatian sehingga masih ada sisa air yang masuk dari lubang-lubang kecil pada mainan dan menjadi tempat bakteri berkembang.

Bakteri yang berpindah dari mainan ke tangan si Kecil bisa hilang dengan sabun dan air, tetapi bagaimana bakteri yang berpindah dari mainan ke mulut si Kecil? Biasanya si Kecil senang memasukkan benda apapun ke mulutnya. Sangat dikhawatirkan hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadi iritasi atau alergi pada si Kecil.

Untuk mencegah bakteri berkembang biak di bagian dalam mainan air si Kecil, Ibu perlu membersihkannya. Berikut tipsnya:

  1. Bersihkan mainan dengan merendamnya dengan air panas, lalu diperas dan dikeringkan.
  2. Ibu juga bisa merendam mainan dengan larutan cuka untuk membersihkan mainan selama 10 menit.
  3. Selain direndam, jangan lupa menyikat mainan hingga tidak ada noda-noda yang tertinggal.
  4. Apabila ada bagian atau lubang yang terlalu kecil, Ibu bisa menutup lubang tersebut dengan lem perekat sehingga tidak ada air sabun yang masuk ke lubang-lubang tersebut.
  5. Ibu bisa pilih mainan air yang aman dan mudah dibersihkan.
  6. Jaga kebersihan kamar mandi dengan sirkulasi udara yang baik.

Segera daftar Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Referensi: