Menjalani masa kehamilan membuat Ibu mudah merasakan perubahan suasana hati yang cepat. Faktor perubahan hormon kehamilan pun bisa menjadi salah satu penyebabnya, selain faktor pengalaman pertama menjadi calon Ibu yang membuat Ibu sering berpikir apakah sudah benar dan baik dalam menjalani kehamilan. Namun, tidak hanya demikian, Ibu dengan kehamilan kedua atau ketiga juga bisa merasakannya karena biasanya perjalanan kehamilan akan berbeda-beda.

Tanpa disadari, Ibu lebih sering menghabiskan waktu dengan memikirkan segala kekhawatiran selama masa kehamilan. Tentunya selain membuat tidak nyaman, terus khawatir dapat menimbulkan kecemasan, mengganggu kebiasaan tidur, bahkan menyebabkan depresi. Ketika Ibu mengalami insomnia, tubuh Ibu akan merasa lebih lelah. Saat tubuh merasa lelah dan pikiran penuh, Ibu bisa mengalami stres. Padahal di masa kehamilan ini, sebaiknya Ibu merasa lebih tenang dan berbahagia karena akan bertemu si Kecil hanya dalam beberapa bulan lagi.

Salah satu cara untuk memberi jeda pada pikiran dan kekhawatiran Ibu adalah dengan meditasi. Meditasi adalah teknik melatih fokus dengan memerhatikan nafas, suara tertentu atau fokus pada momen saat ini yang Ibu alami. Misalnya, setelah Ibu siap meditasi di tempat yang nyaman dan hening, cobalah fokus bahwa saat ini Ibu sehat dan baik-baik saja. Ucapkan berulang hingga terdengar. Apabila Ibu kesulitan fokus pada hal tersebut, cobalah hanya dengan memerhatikan nafas Ibu. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung, beri hitungan 1 hingga 8 (sesuai kemampuan), lalu tahan, kemudian buang nafas perlahan. Lakukan meditasi dengan durasi yang Ibu bisa dan pejamkan mata Ibu saat mencobanya. Ketika Ibu rutin dan konsisten bermeditasi, Ibu akan merasakan manfaat positifnya.

Manfaat positif dari meditasi di masa kehamilan

Dengan mengalihkan fokus, Ibu akan mudah merasakan kondisi tubuh Ibu yang sebenarnya. Selain itu, banyak manfaat dari meditasi yang baik untuk Ibu hamil, seperti:

  1. meredakan stres, kecemasan hingga depresi
  2. memudahkan tidur pada malam hari dan lebih nyenyak
  3. tubuh mudah kembali fit
  4. pikiran menjadi lebih tenang
  5. menghilangkan kecemasan saat persalinan
  6. mengurangi risiko depresi pasca persalinan

Cobalah meditasi saat Ibu sedang merasa tidak nyaman dan mengalami keluhan kehamilan. Apabila Ibu ragu untuk bermeditasi sendiri, Ibu juga bisa bergabung dengan kelas meditasi dari pelatih profesional.

 

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Sumber: