Dapur

Wastafel/sink yang ada di dapur adalah tempat yang sangat kotor karena disanalah tempat makanan mentah dicuci sehingga menyebabkan berkembang biaknya patogen. Perhatikan dengan baik ketika bunda menyiapkan bahan makanan, segera bersihkan dan cuci tangan bunda setelah menyentuh daging mentah, unggas maupun seafood.

 

Kamar Mandi

Pastikan untuk mendesinfeksi mainan si kecil yang ada di kamar mandi setiap bulannya karena ia dapat menjadi sarang dari berbagai bakteri dan kuman. Jika si kecil sudah mulai berlatih ke toilet, mintalah ia untuk menutup tutup toilet sebelum menyiramnya, serta minta si kecil untuk mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

 

Aktifitas Luar Ruangan 

Pastikan si kecil mencuci tangan dan kakinya selepas beraktifitas di luar ruangan seperti waktu bermain atau beraktifitas yang melibatkan anak lain. Hal ini diperlukan untuk mencegah tersebarnya kuman jahat ke tubuh si kecil.

 

Waktu Tidur

Virus jahat dapat ditemukan bersembunyi pada kamar tidur si kecil, terutama kasur. Terlebih apabila ia masih menggunakan popok. Pastikan anda mengganti sprei dan piyama si kecil setidak-tidaknya seminggu sekali dan cuci tangan dengan benar sebelum mengganti popok si kecil.

 

Mainan dan Tempat Makanan

Mainan membawa banyak kuman termasuk jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai infeksi. Tempat makan si kecil juga merupakan tempat kuman berkembang biak. Ajari si kecil untuk mencuci tangannya setiap habis bermain dengan binatang peliharaan.

 

Referensi : https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/health/safe-from-germs/

https://www.choa.org/medical-services/wellness-and-preventive-care/parent-resources/all/5-surprising-places-kids-pick-up-germs