Setelah melahirkan bayi, Ibu harus melewati periode pasca persalinan. Untuk Ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, wajar saja jika mengalami ketidaknyamanan di periode ini. Yuk, cari tahu kiat-kiat agar pemulihan pasca operasi caesar berjalan lancar dan cepat.

Cara membantu pemulihan pasca operasi caesar

Kehamilan dan melahirkan memicu perubahan pada tubuh Ibu. Perubahan bisa terjadi pada fisik dan juga suasana hati. Oleh sebab itu, cek hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari dalam masa pemulihan setelah persalinan.

Membatasi aktivitas fisik

Waktu pemulihan setelah melahirkan dapat bervariasi. Umumnya, Ibu harus menjaga kondisi tubuh selama beberapa minggu sebelum dapat kembali beraktivitas secara normal. Lakukan hal-hal ini untuk membantu pemulihan pasca operasi caesar:

  • Istirahat ketika merasa lelah
  • Berjalan kaki untuk mencegah pembekuan darah dan sembelit
  • Pegang bantal di atas bekas sayatan dari operasi caesar ketika akan tertawa, batuk, atau bersin
  • Mandi secara rutin

Dikutip dari laman American Pregnancy, agar pemulihan berlangsung cepat Ibu sebaiknya menghindari hal-hal berikut ini:

  • Mengangkat apa pun yang beratnya melebihi berat Si Kecil
  • Menggunakan tampon
  • Mandi dengan cara berendam di bathtub
  • Berhubungan seks
  • Sering naik turun tangga

Setelah beberapa saat, dokter akan memberi tahu kapan Ibu bisa kembali melakukan aktivitas yang sebelumnya perlu dihindari untuk sementara waktu.

Pola makan yang tepat

Pemulihan pasca operasi caesar membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Asupan nutrisi yang tepat juga membantu ASI memiliki kualitas nutrisi yang membantu tumbuh kembang anak. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk makan makanan bergizi seimbang dan bervariasi.

Kemudian, minum air putih yang cukup. Menjaga kadar cairan di tubuh juga bisa dibantu dengan mengonsumsi buah-buahan. Agar tidak mengalami sembelit, pastikan mengonsumsi makanan kaya serat yang cukup dan mengonsumsi suplemen serat jika diperlukan. Silakan diskusi dengan dokter terkait dengan mengonsumsi suplemen saat menyusui.

Bagi Ibu yang ingin menurunkan berat badan, harap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan mengubah pola makan yang bertujuan untuk menurunkan berat badan tanpa persetujuan dokter. Ketika dokter telah mengizinkan, dilansir dari laman Mayo Clinic menyarankan bahwa Ibu dapat mengonsumsi pola makan yang sehat dan rutin olahraga sebagai langkah tepat agar berat badan kembali ke angka sebelum kehamilan.

Merawat jahitan bekas sayatan

Jahitan bekas operasi caesar harus dirawat dengan baik. Lakukan hal-hal ini supaya bekas sayatan dapat lekas sembuh dan memudar:

  • Jaga jahitan tetap kering dan bersih
  • Membersihkan bekas sayatan dengan air secara perlahan setiap harinya
  • Mengecek jahitan dari tanda-tanda infeksi
  • Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan jika ada

Hindari juga menggunakan produk pembersih yang dapat memperlambat penyembuhan luka selama masa pemulihan pasca operasi caesar.

Menjaga ketenangan pikiran untuk mempercepat pemulihan pasca operasi caesar

Mempercepat pemulihan tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik. Ibu juga wajib menjaga suasana hati agar tetap tenang. Pikiran yang tenang baik bagi tubuh dan dalam pasca persalinan, membantu produksi ASI untuk Si Kecil tetap lancar.

Oleh sebab itu, hal-hal ini juga dapat membantu pemulihan pasca operasi caesar:

  • Meluangkan waktu untuk bermain dengan bayi supaya hubungan makin erat
  • Menghubungi tim dokter untuk arahan dan dukungan terkait kesulitan dalam menyusui
  • Bercerita dengan orang-orang yang termasuk support system Anda untuk menyingkirkan perasaan negatif di pikiran

Selain itu, Ibu tak perlu takut untuk minta tolong ketika butuh bantuan. Minta anggota keluarga untuk menjaga bayi saat Anda istirahat sejenak di siang hari. Ibu juga dapat meminta pasangan untuk mencuci pakaian yang kotor.

Ingat, istirahat yang cukup merupakan hal utama dalam membantu pemulihan pasca operasi caesar. Hubungi dokter apabila memiliki kekhawatiran terhadap tanda atau gejala yang timbul saat pemulihan. Tanda-tanda yang sebaiknya dievaluasi oleh dokter meliputi infeksi di bekas sayatan, demam di atas 37,8°C, nyeri hebat di area perut hingga depresi.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

Referensi: