Menjatuhkan sendok, melempar biskut dan membuang celemek makan. Sekarang si kecil lebih aktif berpartisipasi dalam proses makannya. Ibu mungkin perlu beberapa ide tambahan untuk menjaga waktu makannya dan memastikan ia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Di sini, para Ibu berbagi pengalaman mereka.

Waktu Keluarga
“Kami berusaha keras untuk tetap makan bersama sekeluarga. Hal ini berarti makan sedikit di awal untuk mengakomodasi jadwal makan si kecil karena menurut kami sangat penting untuk memiliki ritual keluarga. Kadang-kadang saya dan suami saya hanya makan salad ketika si kecil makan, lalu kami menidurkannya setelah makan, dan makanan pembuka kami dimulai setelah ia pergi tidur. Cara ini bekerja dengan baik, dan ia mengerti bahwa waktu makanan adalah pengalaman bersama.” Tina O.

Baca Juga : Resep Menu Makanan Pendamping ASI Usia Di Atas 6 Bulan

Alat Multifungsi
"Saya menggunakan perangkat makan yang sering disebut sporks (spoon and fork) seperti sendok dan garpu menjadi satu, tetapi terbuat dari plastik dan dirancang untuk anak-anak. Sporks bekerja dengan sangat baik karena mudah digunakan oleh tangan yang kecil.” Abby W.

“Bayi saya menemukan cara untuk membuka celemek makannya yang menggunakan velcro. Saya harus menggantinya dengan yang menggunakan kancing, sehingga ia tidak bisa menariknya ketika sedang makan. " Marcia V.

Mengetahui Apa Favoritnya
“Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan tanpa sereal kering. Ada berbagai jenis yang  baik dan sehat untuk si kecil. Saya menaruh sereal dalam kantong plastik ziplock dan menyimpannya di tas popok, sehingga selalu tersedia ketika dibutuhkan. Terkadang Kenny suka bermain dengan sereal tadi, dan terkadang ia suka memakannya.” Gabrielle F.

“Yogurt adalah salah satu makanan favorit si kecil. Tapi saya belajar untuk menempatkannya dalam jumlah kecil saja dalam mangkuk. Karena suatu ketika saya memberikan dalam jumlah besar, dan setelah kenyang, Zoe lalu  mengolesi sisanya pada meja kursi tingginya, tubuhnya, dan rambutnya. Ia tentu sangat senang akan hal tersebut!” Alexa J.

Hanya Sesekali
“Saya mengencerkan jus menjadi dua bagian, satu bagian jus dan dua bagian air. Si kecil tidak tahu rasa yang seharusnya, jadi saya kira baginya jus tadi terasa baik-baik saja. Jus dalam karton bertahan jauh lebih lama, tetapi yang lebih penting tidak memberinya banyak gula. Saya hanya memberikan jus sesekali, biasanya dengan camilan. Dan saya tidak pernah membiarkan dia berjalan-jalan dengan sebotol penuh jus. Ini adalah minuman ketika ia berada di kursi tingginya.” Reya P.

Baca Juga : Contoh Menu Bayi Usia 9-12 Bulan