Dalam dunia yang bergerak cepat ini, orang cenderung jauh lebih tidak sabar. Kurangnya kesabaran bahkan lebih jelas ketika mereka diminta untuk menunggu sesuatu. Ketika dunia berkembang, manusia hidup lebih nyaman, dan berbagai hal dapat diperoleh dengan mudah. Karena itu, anak-anak semakin tidak sabar.

Selama anak-anak kita tumbuh dewasa, kita harus membantu mereka menumbuhkan kesabaran dalam hidup mereka serta mengajarkan bagaimana mengendalikan emosi mereka. Ini karena, seorang anak yang tidak dapat mengatur emosinya sendiri dan kurang sabar dapat menjadi stres atau frustrasi dengan mudah. Karena itu, kita perlu mengajar anak-anak kita untuk fokus pada tujuan mereka sambil juga berlatih kesabaran – dan bersikap baik untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

 

Mengapa bersabar begitu penting bagi pertumbuhan anak?

 

Ini karena kepribadian adalah ukuran keberhasilan yang lebih baik daripada kecerdasan. Dalam lingkungan yang mengerti teknologi, setiap orang akan memiliki akses terhadap informasi yang sama dan akan dapat mempelajari semua hal. Namun, tidak semua orang diajari untuk sabar dan akan mampu mengatur diri mereka sendiri ketika belajar. Oleh karena itu, orang yang dapat menjaga kesabaran ketika berhadapan dengan situasi sulit akan mampu lebih sukses.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford yang disebut The Marshmallow Test, anak-anak antara usia 4 dan 6 ditinggalkan sendirian dengan marshmallow di sebuah ruangan. Anak-anak diberikan dua pilihan - mereka dapat memakan marshmallow secara instan atau menunggu dengan sabar selama 15 menit dan mendapatkan lebih banyak marshmallow sebagai imbalannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih toleran ketika mereka tumbuh dewasa dan mereka lebih baik dalam beradaptasi dan bersosialisasi. Selain itu, ini juga menunjukkan bahwa anak-anak mampu mengendalikan diri dan kesabaran dapat membantu mereka untuk mengatur emosi mereka sendiri. Orang yang bisa menunggu dengan sabar cenderung tepat waktu, lebih rasional dan mampu mencapai tujuan mereka dan menjadi sukses dalam hidup.

Jadi, merupakan tugas orang tua untuk menumbuhkan kesabaran pada anak-anak Anda dengan menjadikan diri Anda sebagai contoh yang baik bagi mereka. Misalnya, saat menunggu dalam antrian, apa yang mereka lakukan? Apakah mereka menunggu dengan sabar atau kesal, mengeluh atau stres tentang hal itu, atau kemungkinan terburuk, apakah mereka marah karenanya. Jika mereka tidak sabar, bagaimana Anda akan menanggapinya? Saran terbaik adalah berbicara dengan anak-anak dengan tenang dan memberi penjelasan untuk membuat mereka memahami situasinya. Semua ini akan mempengaruhi pertumbuhan anak-anak karena mereka berada pada usia di mana mereka akan menyerap dan meniru apa pun yang dilakukan orang dewasa, membentuk karakter mereka untuk masa depan.

8 Tanda cerdas: Kegiatan untuk mengajarkan pengaturan diri

 

Kegiatan yang direkomendasikan untuk anak-anak 1 tahun ke atas

Penjelasan

Mulailah dengan kehidupan sehari-hari mereka

Anda dapat mulai mengajar anak-anak Anda untuk bersabar dengan mengambil langkah-langkah kecil dan pendek dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti, meminta mereka untuk tenang dan menunggu dengan tenang selama 1-2 menit sebelum Anda memberi mereka makanan atau mainan mereka. Ini mungkin terlihat seperti waktu yang singkat, tetapi setidaknya ini adalah awal yang baik. Pada akhirnya, Anda akan dapat mendorong anak-anak Anda untuk lebih bersabar untuk jangka waktu yang lebih lama sampai keinginan mereka terpenuhi ketika mereka tumbuh dewasa.

Ajari mereka untuk merawat diri mereka sendiri

Ada berbagai cara bagi Anda untuk melatih mereka menjadi mandiri. Anda bisa mulai dengan memberi mereka tanggung jawab kecil seperti melipat pakaian mereka sendiri, merapikan mainan mereka, mencuci tangan sebelum makan dan lain-lain, dan perlahan berikan kegiatan yang lebih sulit ketika anak tumbuh. Mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan tugas memungkinkan anak-anak belajar untuk menjadi lebih sabar. Ketika Anda melihat bahwa tugas tertentu tidak selesai oleh anak-anak, beri mereka semangat untuk menyelesaikannya dan jika kegiatan itu terlalu sulit bagi mereka, bantu mereka.

Melakukan kegiatan secara berulang

Tidak ada yang lebih baik daripada menunggu giliran mereka sendiri untuk sesuatu yang menyenangkan ketika Anda mengajar anak-anak Anda untuk bersabar. Satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik adalah mempraktikkannya secara konsisten. Misalnya, jika anak-anak Anda kesulitan menunggu giliran mereka sendiri untuk bermain di taman, Anda harus lebih sering ke taman, untuk memperkuat kebutuhan mereka untuk bersikap sopan dan sabar. Siklus yang berulang akan membantu mereka belajar menunggu.

Buat aturan "sentuh untuk izin"

Orang tua dapat menetapkan aturan untuk keluarga. Untuk melatih anak Anda menunggu pada situasi yang berbeda seperti ketika anak Anda ingin meminta sesuatu saat Anda sedang bekerja atau berbicara dengan orang lain, minta anak itu menyentuh tangan atau lengan Anda untuk menunjukkan perlunya berbicara. Jika Anda menyentuh balik, anak kemudian dapat mengatakan apa yang ingin mereka katakan tetapi jika orang tua tidak memberikan tanggapan, anak harus menunggu dengan sabar untuk orang tua untuk merespons.

Penundaan yang disengaja

Dengan sengaja menunda beberapa hal yang diinginkan anak-anak Anda dapat membantu mengajari mereka kesabaran. Misalnya, jika anak Anda menginginkan mainan baru, hanya berikan pada mereka pada acara khusus seperti ulang tahun mereka alih-alih membelinya untuk mereka tanpa alasan. Ini dapat membantu mengajar mereka bahwa mereka dapat menunggu hal-hal yang penting bagi mereka.