Sistem pencernaan bayi masih di tahap pembentukan. Tentunya ini membutuhkan perawatan khusus dari Ibu.

Usia 6 Bulan ke Atas

Pada usia sekitar 6 bulan, sistem pencernaan si kecil dan kemampuannya mengunyah mungkin membuatnya sudah siap untuk makanan padat.

Mulai perkenalkan makanan padat kepada si kecil dengan memberikan bubur beras bayi yang sudah terfortifikasi zat besi dan dicampurkan dengan ASI. Buat ini encer di tahap awal, namun jangan pernah campurkan ini dengan botolnya. Ibu bisa mengencerkan sereal dan membantunya menggunakan sendok. Selanjutnya ia bisa mulai diperkenalkan dengan buah, sayuran dan daging yang sudah dihaluskan. Pada usia 6 bulan, mungkin ia tak hanya menginginkan makanan padat, karena tubuhnya akan membutuhkan nutrisi tambahan.

Mengenai Poop Si Kecil

Ibu dapat mengetahui banyak hal mengenai sistem pencernaan si kecil dengan melihat popoknya. Makanan padat artinya poop si kecil akan menjadi lebih padat dengan aroma yang lebih kuat. Ibu juga mungkin akan melihat sedikit potongan buah dan sayuran yang tidak tercerna di sana, yang mana ini normal. Jika kotorannya tampak cair dan berair, mungkin ia mengalami iritasi saluran pencernaan dan sebaiknya hubungi dokter untuk menangani hal ini.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu dapat menghubungi Enfa A+ Smart Center Via Live Chat & Whatsapp di 08777700253 untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai berbagai info seputar kesehatan sistem pencernaan si kecil dan tips tahap awal memperkenalkan makanan padat pada si kecil.