Dapatkah Ibu mencegah si kecil untuk menyukai makanan manis?

 

Si kecil lahir ke dunia dengan lebih menyukai rasa manis dibandingkan dengan rasa lainnya. Manis merupakan rasa yang dominan pada ASI karena mengandung jumlah laktosa yang tinggi. Gula sangat penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf pusat dan juga membantu usus menghasilkan bakteri yang sehat. Meskipun sejumlah makanan manis itu  sehat, penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi makanan manis terlalu banyak selama masa kehamilan dapat mengubah suatu jalur dalam otak janin, dan membuat si kecil lebih menyukai rasa manis yang tidak sehat sejak ia lahir.

Jangan terburu-buru untuk mengenalkan kue dan es krim pada si kecil. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari perubahan suasana hati, kekurangan energi, kerusakan gigi, masalah perhatian, kelebihan berat badan, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan banyak lainnya. Selama si kecil dalam masa pertumbuhan, pastikan Ibu membaca label makanan terlebih dahulu sebelum memberikan padanya, misalnya makanan kemasan yang menambahkan pemanis seperti gula jagung, gula tebu, atau sirup malt.

Tentu saja, tidak hanya makanan manis yang bisa menimbulkan masalah; jus buah dan minuman lainnya juga bisa menjadi penyebabnya. Si kecil tidak memerlukan jus. Buah itu sendiri memiliki nilai gizi yang sama, dan juga serat. Jika Ibu memberikan jus buah, batasi hanya sekitar 4-6 ons jus per hari dan hanya jus yang terbuat 100% buah asli (bukan minuman buah). Ibu bisa mengencerkannya dengan sedikit air. Semakin sedikit si kecil mengonsumsi makanan manis, semakin besar kemungkinan ia untuk puas dengan rasa alami. Selalu sajikan jus di dalam cangkir dan minta ia untuk duduk saat meminumnya, sebagai bagian dari camilan atau makan, bukan di dalam botol yang bisa ia bawa kemana-mana. Hal tersebut membuat jus terlalu mudah diminum sehingga membuatnya minum lebih banyak lagi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Begitu banyak cara sehat yang bisa memuaskan selera si kecil pada makanan manis. Untuk tambahan dari ASI dan susu formula, Ibu bisa memberikan buah segar dan ubi jalar tanpa perlu memberikan tambahan gula.