Kulit bayi yang begitu sensitif membuat kita harus ekstra hati-hati. Terutama saat mengganti popok, seringkali kulit area pantat dan pangkal paha bayi mudah sekali iritasi! Tapi sebenarnya, apa saja sih, penyebab ruam popok pada si Kecil?

Siapa sangka, penyebabnya ternyata sangat sepele. Ibu wajib mengetahuinya, agar ruam popok yang dialami si Kecil bisa dicegah ke depannya.

Penyebab ruam popok yang tak banyak orang tahu

1. Proses bilas kurang bersih

Saat bayi buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK), pastikan Ibu selalu membilasnya dengan bersih sampai kering, ya. Saat membasuh, lakukan dengan gerakan dari arah depan ke belakang, agar bakteri seutuhnya hilang dan tidak tertinggal di area genital si Kecil.

Kondisi yang tidak kering sempurna juga bisa menjadi tempat bertumbuhnya jamur dan bakteri. Belum lagi, sisa-sisa bakteri dan amonia yang muncul dari air seni.

Setelahnya, pastikan Ibu mengeringkan area pantat si Kecil dengan ditepuk-tepuk menggunakan kain atau handuk yang lembut. Penggunaan kain yang kasar justru dapat memicu iritasi yang lebih parah.

2. Cuaca panas dan keringat berlebih

Saat cuaca panas dan si Kecil harus memakai popok dalam jangka waktu yang lama, area pantat si Kecil akan berkeringat dan tidak memiliki akses untuk bernapas. Akibatnya, akan muncul bintik-bintik ruam seperti biang keringat di sekitar area yang tertutup popok. Untuk mengantisipasi hal ini, Ibu bisa lebih selektif memilih popok bayi yang breathable, mudah menyerap keringat, dan terbuat dari bahan yang lembut, ya.

3. Pemakaian popok yang kurang pas

Pastikan ukuran popok si Kecil sesuai dengan kebutuhannya ya, Bu. Ukuran popok yang tidak pas, baik terlalu kecil ataupun terlalu besar dapat menyebabkan gesekan antara kulit dan popok.

Ini bisa memicu lecet dan iritasi yang melebar pada kulit bayi. Umumnya, terjadi di pangkal paha serta bokong si Kecil.

4. Penggunaan bedak

Hindari penggunaan bedak saat memakaikan popok pada si Kecil ya, Bu. Bedak-bedak yang menggumpal pada area pantat serta area genital si Kecil justru bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri.

Sebaiknya Ibu menggunakan diaper cream atau krim pelembab yang lebih ramah untuk si Kecil.

5. Alergi makanan

Tahukah Ibu, ruam popok juga bisa disebabkan oleh pengenalan makanan baru kepada si Kecil, lho. Saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat, tentu saja ada perubahan tekstur feses si Kecil yang berisiko menyebabkan iritasi. Biasanya, kejadian ini juga diikuti dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering.

Bayi yang masih menyusu pun bisa mengalami hal ini sebagai respons terhadap isi ASI Ibu. Jadi, Ibu juga harus memperhatikan apa yang Ibu konsumsi selama menyusui, ya.

6. Iritasi dengan alkohol atau parfum

Hindari penggunaan tisu basah, lotion, ataupun gel yang mengandung alkohol atau parfum. Kedua zat ini tentu saja tidak bisa ditoleransi oleh kulit bayi yang masih sangat sensitif. Akibatnya, kulit bayi akan iritasi dan terasa panas. Saat dipakaikan popok, ruam pun semakin menjadi-jadi.

7. Kurangnya kebersihan saat penggantian popok

Ibu juga wajib memastikan seluruh proses penggantian popok bayi sudah bersih, ya. Termasuk di antaranya kebersihan alas ganti (changing pad), kebersihan tempat atau ruangan penggantian popok, hingga kebersihan tangan Ibu sendiri.

Untuk mendukung hal ini, Dettol Anti Bakteri Wet Wipes bisa menjadi pilihan Ibu. Tisu basah ini terbuat dari bahan dan tekstur yang sangat lembut. Diformulasikan tanpa alkohol, tisu basah ini sangat aman digunakan untuk persiapan penggantian popok bayi.

Gunakan Dettol Anti Bakteri Wet Wipes untuk membersihkan alas ganti (changing pad) si Kecil, serta permukaan tempat penggantian popok si Kecil. Hanya dengan sekali usap, Dettol Anti Bakteri Wet Wipes telah teruji secara dermatologis dapat membunuh kuman dengan mudah dan cepat. Apalagi, ukuran produknya yang compact bisa memudahkan Ibu membawanya kemana saja.

Soal kebersihan, kita tidak bisa pilih yang standar. Sebab, apa yang Ibu pilih dan lakukan, akan berdampak langsung pada kesehatan si Kecil saat ini dan di masa depan. Sekarang, Ibu sudah menemukan langkah praktis menjaga kebersihan penggantian popok si Kecil bersama Dettol Anti Bakteri Wet Wipes. Saatnya Ibu memberikan inspirasi dengan membagikan artikel ini!

Klik di sini untuk beli Dettol Anti Bakteri Wet Wipes. Satu langkah mudah untuk menjaga kebersihan diri serta si Kecil.