Semakin si Kecil bertambah usia, tentu semakin banyak kemampuan yang ia bisa lakukan. Namun, setiap kemampuannya pasti membutuhkan bimbingan dari Ibu atau Ayah. Apabila si Kecil sekarang memasuki usia pra-sekolah, pasti Ibu tidak asing dengan kemampuan membaca dan menulis. Meskipun kemampuan membaca biasanya dilakukan oleh anak usia 6-7 tahun, tetapi tidak ada salahnya untuk Ibu membangun kebiasaan membaca sejak dini. Apalagi di dalam sebuah buku biasanya terdapat gambar, kata-kata, dan berbagai warna yang dapat membantu si Kecil dalam mengenali dan memahami suatu objek.

Kemampuan membaca

Berikut tips membaca yang bisa Ibu dan Ayah terapkan di rumah.

1. Membaca Bersama

Jadikan membaca sebagai rutinitas sehari-hari. Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh si Kecil. Perkembangan otak akan berlangsung dengan pesat. Si Kecil akan lebih cepat memahami banyak hal. 

2. Ajaklah si Kecil Berbicara 

Ketika membaca bersama, sering-seringlah berbicara. Berbicara sama pentingnya dengan membaca. Dengan mengajak berbicara, keterampilan literasi si Kecil akan bertambah. Ajukan pertanyaan, seperti “setelah ini, kira-kira si tokoh pergi ke mana, ya?”. Tambahkan kosakata baru sebisa mungkin.

3. Mencari Kata Baru di Sekitarnya

Banyak kata yang bisa diperoleh di sekitar si Kecil. Di kotak susu, misalnya, Ibu bisa mendapatkan kata yang bisa diarahkan untuk si Kecil. Tunjukkanlah kata itu. Selain itu, di kartu undangan ulang tahun dari teman si Kecil. Kata-kata yang dirangkai menjadi nama si Kecil bisa menjadi bahan belajar, seperti “Lihat, ini tulisan apa? Ini nama kamu..”. Dengan sering menunjukkan bahwa tulisan akan ada dimana-mana selain dari buku, maka si Kecil akan mengerti bahwa di mana pun ia berada, ia akan selalu membaca.

4. Menulis

Keterampilan menulis akan memperkuat keterampilan membaca. Ketika si Kecil pertama kali memegang krayon atau spidol, ajaklah dia untuk menuliskan namanya. Tuliskan namanya di atas sehelai kertas. Mintalah dia menjiplak pada awalnya. Setelah itu, ulangi lagi tanpa menjiplak. Setelah si Kecil bisa melakukannya, ejalah kata lain atau kata favoritnya. 

Kemampuan menulis

Berikut yang langkah-langkah untuk melatih si Kecil menulis.

  1. Selalu siapkan krayon atau spidol tulis.
  2. Ajak si Kecil untuk membuat garis terlebih dahulu dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.
  3. Mintalah si Kecil untuk menggambar benda sederhana, seperti tongkat atau televisi dan pajang gambarnya supaya si Kecil bangga akan hasil karyanya.
  4. Bantu si Kecil menulis nama lengkapnya. Ibu bisa menuntun tangannya atau menuliskan terlebih dahulu namanya, lalu minta si Kecil meniru tulisan Ibu.
  5. Bantu si Kecil mempelajari huruf alfabet, bisa sambil bernyanyi atau membuat alfabet dari kertas karton sehingga si Kecil semakin mudah mengenali atau bisa dibawa ke mana saja.
  6. Selain menggunakan krayon atau spidol, bisa juga membiarkan si Kecil menulis pada media lain, seperti pasir, membuat huruf dari play dough juga bisa menjadi pilihan.

 

Referensi: