Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 7 minggu?

  • Tali pusat si Kecil terbentuk, ini menyalurkan nutrisi penting dari Ibu kepada si Kecil, seperti folat, kolin dan DHA. Sebelumnya, si Kecil telah mendapatkan nutrisi dengan kantong kuning telur yang melekat pada dirinya.

  • Si Kecil kini berkembang sekitar 1mm setiap hari, dan di titik ini, ukurannya sebesar buah blueberry.

  • Fitur fisik dan organ si Kecil terus berkembang, termasuk paru-paru, ginjal, tangan dan tulangnya. Lubang hidung dan lensa mata si Kecil juga mulai terbentuk.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 7 minggu?

  • Pada otak si Kecil, belahan otak kanan dan kirinya mulai terbentuk. Bagian otak ini berfungsi untuk kemampuan si Kecil di masa depan seperti untuk berbicara, bergerak, mendengar dan berpikir.

  • Siapkan si Kecil untuk pencapaian tersebut dengan memberikannya nutrisi sejak dini, dengan nutrisi yang meningkatkan kemampuan otak DHA,di saat dan sesudah masa kehamilan. DHA sangatlah penting karena berpengaruh pada perkembangan otak dan sistem saraf sebelum si kecil lahir. Ibu mendapatkan sumber DHA pada ikan dan makanan laut lainnya.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 7 ini?

Gejolak perubahan hormon pada tubuh Ibu hamil mungkin akan mengakibatkan perubahan pada payudara Ibu. Ini akan terasa lebih empuk dan sensitif. Beberapa perubahan pada gaya hidup Ibu dapat meringankan rasa tidak nyaman ini dan membuat Ibu dapat menikmati kehamilan ini:

  • Dapatkan dukungan tambahan. Bra khusus Ibu hamil dirancang untuk memberikan dukungan tambahan, sementara bra tidur untuk ibu hamil dirancang untuk membuat Ibu dapat tidur dengan lebih nyaman.

  • Sesuaikan rutinitas mandi Ibu. Gunakan lebih sedikit sabun pada payudara Ibu, terutama di puting dan areola.

Tips untuk Ibu di saat hamil 7 minggu

Perubahan lain pada ibu hamil adalah kenaikan berat badan. Ibu dapat menjaga kenaikan berat badan di masa hamil dengan memakan makanan yang sehat. Makanan ini sebaiknya kaya akan nutrisi penting seperti folat dan kolin, untuk meningkatkan kesehatan Ibu dan mendukung perkembangan si Kecil.

Selain sangat penting untuk mengetahui perkembangan janin saat trimester pertama, tetapi ibu juga harus mempelajari apa yang harus ibu siapkan pada saat ibu hamil trimester kedua dan trimester ketiga. Sehingga perkembangan otak dan fisik si kecil dalam janin dapat maksimal. Perlu diingat masa kehamilan sudah masuk usia golden age dari si kecil. Sangat penting ibu memerhatikan asupan gizinya.

Baca  Juga : Bagaimana perkembangan janin saat ibu memasuki kehamilan usia 8 minggu.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!