Apa yang terjadi pada ibu saat hamil 39 minggu?

  • Berat si kecil kini berkisar antara 2.9 hingga 4 kg dan panjangnya mencapai 50.8 hingga 55.8 cm.

  • Panjang tali pusat kini hampir mencapai 60,9 cm dan bertugas membantu Ibu memberikan makan pada si Kecil dengan nutrisi yang ibu konsumsi. Ini merupakan waktu terakhir si Kecil menerima semua nutrisi langsung dari tubuh Ibu untuk pertumbuhannya sebelum ia lahir, maka teruslah mengonsumsi makanan sehat dengan cakupan nutrisi penting untuk si Kecil.

  • Sistem imun si kecil menggunakan antibodi yang Ibu berikan kepadanya. Antibodi ini akan menjaga si Kecil dari infeksi hingga 12 bulan pasca kelahirannya, hingga ia sudah bsia memproduksi sistem imun sendiri.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 39 minggu ini?

  • Otak si Kecil kini sudah memiliki hingga lebih dari 100 milyar neuron di otaknya, sebagiannya bertanggung jawab untuk belajar dan daya ingat.

  • Tingkatkan perkembangan kognitif si Kecil dengan memastikan Ibu mengonsumsi 200 miligram DHA setiap hari selama masa kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin dihadapi Ibu saat hamil 39 minggu?

Di waktu hamil 39 minggu Jika vagina Ibu mengeluarkan banyak cairan, ini mungkin bukan pertanda Ibu akan segera melahirkan namun bisa jadi adalah ketuban pecah dini. Ini cara menjaga kehamilan sehat hingga akhir:

  • Hubungi dokter. Pemeriksaan di rumah sakit akan menunjukan apakah ketuban Ibu sudah pecah atau belum.

  • Ketahui tanda-tanda lain melahirkan. Kontraksi bisa menjadi tanda Ibu akan melahirkan. Kontraksi yang menyakitkan akan muncul pada periode yang rutin dan terasa makin keras dari waktu ke waktu.

Tips untuk ibu di tahap kehamilan 39 minggu ini

Pahami apakah ketuban Ibu sudah pecah atau belum. Jika sudah, bayangkan tetesan atau semburan air, tidak seperti air yang tumpah sangat banyak, yang mungkin seperti bayangan Ibu. Jika belum pecah, namun Ibu mengalami tanda-tanda melahirkan dan telah lewat dari tanggal prediksi, dokter mungkin akan memecahkan air ketuban dan mempersiapkan proses melahirkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter soal ini, dan soal gejala melahirkan yang Ibu alami.

Baca Juga : Tips kehamilan saat usia kandungan ibu mencapai 38 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!

Cari tahu lebih banyak tentang perkembangan kehamilan saat janin berusia  40 minggu.