Apa yang terjadi pada minggu ke-28 kehamilan Ibu?

  • Pada saat ibu hamil 28 bulan bayi berukuran sebesar mentimun panjangnya mencapai 40 cm. Dan beratnya sekitar 1,02 kg.

  • Detak jantungnya dapat terdengar dengan stetoskop. Atau minta suami Ibu untuk mendengarkannya langsung dengan meletakan telinganya di perut Ibu. Kini paru-paru si Kecil hampir terbentuk sepenuhnya dan ia mulai belajar bernafas.

  • Ia mengalami tidur dengan gerakan mata yang cepat atau Rapid Eye Movement (REM), yang artinya ia sedang mimpi indah!

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 28 minggu?

  • Jumlah jaringan otak si Kecil akan mulai meningkat di minggu ini. Lebih dari 50% energinya digunakan si Kecil untuk perkembangan otak hingga beberapa minggu ke depan.

  • Dukung perkembangan si Kecil dengan nutrisi terbaik. Makanan sehat yang kaya akan kandungan DHA dan kolin akan membantu perkembangan otaknya.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 28 ini?

Kenaikan berat badan Ibu hingga di tahap ini akan memberikan tekanan pada otot kaki, dan menyebabkan munculnya keram di kaki. Jadikan tahap kehamilan ini tetap nyaman dan kurangi tekanan pada otot dengan langkah ini:

  • Pijat betis Ibu untuk merenggangkan otot saat keram muncul.

  • Lakukan olahraga ringan sebelum tidur untuk mencegah munculnya keram di malam hari. Renganggangkan otot Ibu, putar pergelangan kaki dan tarik jari kaki Ibu.

  • Olahraga secara teratur. Ini merupakan pencegahan untuk terjadinya keram di kaki saat hamil, namun sebaiknya Ibu konsultasikan kepada dokter mengenai olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil.

Tips untuk Ibu di saat hamil 28 minggu

Olahraga teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah Ibu – dokter mungkin akan memeriksa kadar gula darah Ibu pada tahap kehamilan ini untuk mengetahui apakah Ibu mengalami diabetes di masa kehamilan. Jika tidak, maka Ibu akan melakukan kunjungan jelang persalinan biasa.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!