Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 23 minggu?

  • Ibu dapat mendengarkan detak jantungnya. Jika Ibu meletakan stetoskop ke perut Ibu, maka Ibu dapat mendengar detak jantung si Kecil.

  • Di saat ibu hamil 23 minggu ini Si Kecil mencoba kemampuan motoriknya. Ia menyentuh jari kakinya dan menggenggam tali pusatnya. Mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, DHA,akan mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil, dan meningkatkan kemampuan motoriknya.

  • Si Kecil kini berukuran sebesar pepaya. Panjangnya mencapai 20 cm dan berat badannya sekitar 453 gram.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 23 minggu?

  • Sistem saraf si Kecil telah terbentuk hingga sampai di titik di mana ini mulai mengontrol beberapa fungsi tubuh.

  • Ia akan mulai mengembangkan miliaran sel otak pada beberapa minggu ke depan dan Ibu dapat membantunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya DHA.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 23 ini?

Waktu hamil 23 minggu ini mungkin Ibu menyadari bahwa kulit Ibu menjadi lebih berminyak dibandingkan sebelumnya, ini karena perubahan hormon di masa kehamilan menyebabkan kelenjar minyak Ibu menghasilkan lebih banyak minyak. Rawat kulit Ibu dan jalani masa kehamilan dengan lebih nyaman, ikuti tips ini:

  • Gunakan pembersih wajah yang lebih lembut dan bebas minyak. Kulit Ibu akan lebih sensitif di masa kehamilan dan minyak berlebih mungkin akan menyebabkan munculnya jerawat.

  • Kunjungi dokter untuk perawatan jerawat. Tidak semua perawatan jerawat cocok untuk Ibu hamil.

Tips untuk Ibu saat hamil 23 minggu

Meminum banyak air mineral sangat baik untuk kulit Ibu. Minum sekurangnya 10 gelas air mineral setiap hari untuk menjaga kulit Ibu tetap elastis. Tetap terhidrasi juga dapat membuat Ibu menghalau keluhan umum ibu hamil lainnya seperti konstipasi dan infeksi saluran kemih.

Baca Juga : Bagaimana kondisi janin ibu saat ia hamil usia 24 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!