Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 22 minggu?

  • Mata si Kecil dapat mengenal cahaya dari luar tubuh Ibu. Retina matanya sudah terbentuk sempurna . Jika Ibu menyinari perut Ibu, Ibu akan merasakan ada reaksi kecil seperti tendangan. 

  • Berat si Kecil kini mencapai 450 gram. Sementara panjangnya sudah hampir 28 cm dari kepala hingga kaki.

  • Si Kecil dapat memproses suara karena bagian telinga dalamnya sudah mulai berkembang , maka bicara dan bernyanyilah untuk si Kecil.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 22 minggu?

  • Otak dan saraf tepi si Kecil bekerja sama untuk pengembangan kemampuan sensorik, termasuk untuk indera pengelihatan dan sentuhan. 

  • Sertakan asam lemak omega-3, DHA pada makanan Ibu selama masa kehamilan untuk mendukung perkembangan otak dan visual si Kecil.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 22 ini?

Dengan mual di pagi hari yang kemungkinan besar Ibu alami , nafsu makan Ibu akan mulai kembali, bersama dengan ngidam di masa kehamilan.  Atur ngidam Ibu untuk makanan yang tidak sehat dan ganti dengan makanan yang bergizi seimbang, ikuti tips di bawah ini:

  • Pilih cemilan sehat, seperti kacang dan buah-buahan, jadi Ibu tidak akan tergoda dengan makanan yang kurang bernutrisi.

  • Sekali-kali Ibu boleh memenuhi ngidam dengan makanan yang Ibu inginkan, dengan porsi secukupnya. Ngidam kadang menjadi tanda bahwa tubuh Ibu membutuhkan nutrisi tertentu. Misalnya, jika Ibu ngidam es krim, mungkin tubuh Ibu butuh mineral seperti kalsium. 

Tips untuk ibu di saat hamil 22 minggu

Tubuh Ibu juga akan memberi tahu bagaimana persiapan menjelang persalinan – Saat Ibu secara tidak rutin mulai mengalami kontraksi yang tidak sakit di rahim Ibu pada tahap kehamilan ini. Ini dikenal dengan kontraksi palsu atau kontraksi Braxton-Hicks dan akan mulai terjadi di awal trimester kedua.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!