Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 16 minggu?

  • Panjang si Kecil mencapai 11,4 cm dan beratnya sekitar 110,5 gram di minggu ini.

  • Kemampuan motorik si Kecil terus meningkat. Ia kini bisa mengepalkan jari-jarinya.

  • Otot wajahnya terbentuk. Si Kecil akan belajar kemampuan komunikasi dan bersosialisasi di dalam tubuh Ibu untuk ia praktekan di masa depan, seperti menyipitkan mata, memasang wajah sedih dan wajah meringis.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 16 minggu?

  • Perkembangan otak si Kecil terkait pada fungsi pengelihatannya. Seiring perkembangan otaknya, mata si Kecil mulai bisa melakukan gerakan kecil dibalik kelopak mata yang masih tertutup dan kini ia bisa merasakan cahaya untuk pertama kalinya!

  • Dukung perkembangan otak si Kecil dan pengelihatannya dengan memberikannya asam lemak omega 3, DHA, baik di saat dan sesudah masa kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 16 ini?

Karena adanya perubahan hormon di masa kehamilan, maka akan lebih banyak bulu yang tumbuh di tubuh Ibu, bahkan di tempat-tempat yang Ibu tidak inginkan. Tambahan bulu ini biasanya akan luruh dengan sendirinya enam bulan setelah Ibu melahirkan. Sementara itu, lakukan tips ini agar Ibu tetap merasa nyaman dengan perubahan di tubuh:

  • Cabut, cukur atau utas. Ini adalah metode yang aman untuk merontokkan bulu di masa kehamilan.

  • Jauhi produk kimia peluruh bulu, seperti krim penghilang bulu. Kimia ini dapat terserap ke aliran darah Ibu.

Tips untuk Ibu di saat hamil 16 minggu

Salah satu zat kimia yang mungkin Ibu ingin batasi adalah kafein. Karena ini dapat mengurangi sirkulasi darah ke plasenta, dan mungkin akan mempengaruhi pertumbuhan si Kecil. Jaga asupan kafein tidak lebih dari satu cangkir sehari atau sekitar 200 miligram kafein. Pelajari lebih lanjut tips lainnya saat ibu hamil usia 19 minggu.

Baca Juga : Kalender Kehamilan untuk mengetahui perkembangan otak si kecil saat ia masih di dalam janin ibu.

Tahukah Ibu bahwa wanita yang aktif secara fisik selama kehamilan mengalami lebih sedikit sakit punggung dan memiliki kemungkinan mempunyai bayi yang lebih sehat? Cari tahu lebih lanjut mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan ibu.