Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 10 minggu?

  • Hipotalamus di otak si Kecil mulai berkembang. Ini mengontrol banyak aktivitas tubuh termasuk mengendalikan suhu tubuh dan detak jantung si Kecil.

  • Panjang si Kecil sekitar 1.5 inci atau 4 cm.

  • Organ vital si Kecil telah terbentuk. Misalnya, ia sudah memiliki cairan pencernaan di perutnya dan ginjalnya sudah memproduksi urin.

  • Bagian tubuh si Kecil terus berkembangdi masa ibu hamil 10 minggu. Telinga, lutut dan pergelangan kakinya mulai terbentuk. Jari tangan dan jari kakinya sudah mulai memiliki jarak.

Bagaimana perkembangan otak si kecil pada saat ibu hamil 10 minggu?

  • Otak si Kecil sudah berkembang sangat banyak dan kini telah mencapai 43% dari bobotnya.

  • Ibu dapat mengoptimalkan perkembangan dari wilayah yang krusial di otak seperti hipotalamus dengan konsumsi 200 milligram DHA setiap hari untuk si Kecil.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 10 ini?

Peningkatan produksi urin merupakan keluhan umum yang terjadi di tahap kehamilan ini karena terjadinya perubahan hormon. Gunakan tips ini untuk menangani masalah ini:

  • Kurangi konsumsi minuman berkafein. Minuman seperti kopi dan teh dapat memberikan efek yang membuat Ibu lebih sering buang air kecil, dan tentunya Ibu akan jadi lebih sering ke kamar kecil.

  • Tetap terhidrasi. Jangan sampai kurang meminum banyak air mineral, karena ini penting untuk kesehatan Ibu di saat hamil 10 minggu.

Tips untuk Ibu di saat hamil 10 minggu

Memonitor apa yang Ibu makan dan minum merupakan salah satu cara untuk memastikan si Kecil telah mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Ibu juga dapat mengonsumsi suplemen kehamilan yang melengkapi nutrisi yang penting, asam folat dan vitamin D.

Pelajari pula apa mengapa asam folat penting bagi si kecil dan berapa banyak asam folat yang harus ibu konsumsi di masa kehamilan ini. Ketahui pula pada sumber makanan apa ibu dapat mengonsumsi  asam folat.

Baca Juga : Bagaimana perkembangan janin saat usia kehamilan ibu 11 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!