Menghadiri pesta bersama si Kecil menjadi satu momen yang mungkin tidak terlewatkan. Stimulasi masa perkembangannya akan lebih mudah ketika si Kecil bertemu dengan teman sebayanya atau lingkungan luar. Namun, bagaimana ketika si Kecil bertemu dengan banyak orang di pesta. Apakah ada yang Ibu khawatirkan?

Untuk memudahkan Ibu, perhatikan poin-poin berikut supaya si Kecil bisa bersikap baik saat pergi ke pesta

 

1. Kemungkinan alergi si Kecil kambuh

Tentu tuan rumah menyediakan berbagai macam makanan di pestanya. Apabila si Kecil memiliki alergi, Ibu bisa pertimbangkan untuk menanyakan terlebih dahulu pada penjaga makanan bahan dasar dari makanan tersebut, atau Ibu juga bisa tanyakan pada tuan rumah sebelum pesta berlangsung. Tidak menjadi masalah ketika makanan-makanan tersebut ternyata mengandung bahan yang bisa membuat alergi si Kecil kambuh karena Ibu bisa membawa bekal biskuit atau makanan andalan si Kecil, atau memberikan si Kecil makan terlebih dahulu sebelum datang ke pesta.

2. Ingatkan si Kecil tentang “maaf, terima kasih, dan tolong”

Sikap sopan yang sangat mendasar dan bisa si Kecil lakukan adalah menyebutkan ketiga kata berikut: maaf, terima kasih, dan tolong. Ketika si Kecil diberikan hadiah dari temannya, ingatkan ia untuk mengucapkan terima kasih atau tidak sengaja menyenggol temannya di pesta, untuk mengucapkan maaf. Hal ini saja sudah luar biasa apabila si Kecil melakukannya.

3. Memilih pakaian

Pilihlah pakaian pesta yang sederhana dan nyaman untuk si Kecil ketika diundang ke pesta ulang tahun. Tepiskan godaan untuk memberikannya pakaian yang mewah, misal gaun dengan renda atau jas yang ketat dan ternyata tidak membuat si Kecil nyaman saat aktivitas di pesta, seperti saat sesi games. Pastikan juga Ibu membawa baju ganti untuk si Kecil untuk berjaga-jaga ketika ia ketumpahan makanan atau minuman dan membuatnya lebih nyaman saat kegerahan.

4. Berikan kursus kilat

Cobalah untuk memberikan kursus kilat, seperti memberi tahunya untuk tidak berteriak dan berbicara sopan. Mintalah si Kecil untuk selalu mengkomunikasikan perasaannya pada Ibu termasuk hal-hal yang ia inginkan dan tidak inginkan saat pesta.

5. Berbaurlah dengan orang tua lain 

Si Kecil yang senang bermain dengan teman-teman sebayanya memang tetap butuh pengawasan. Namun, Ibu perlu berbaur dengan orang tua lainnya. Selain menjalin silaturahmi, Ibu bisa berbagi informasi, misalnya rekomendasi pengasuh atau produk-produk yang baik untuk si Kecil. 

6. Pulang lebih awal

Jika si Kecil terlihat sudah tidak bisa bekerja sama, misalnya, tidak mau memberikan kado pada temannya, membuat temannya menangis, atau merengek dan berteriak, segeralah bertindak. Kemungkinan ia sudah lelah, maka bawalah si Kecil pulang dan tinggalkan pesta. Mungkin si Kecil bisa berperilaku dengan lebih baik di pesta berikutnya.

 

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Sumber:

Sinrich, Jenn. 2019. What to expect – Toddler Etiquette for Attending a Birthday Party. Retrieved March 10, 2020 from https://www.whattoexpect.com/toddler/birthday-parties-for-toddlers/etiquette-for-attending-a-birthday-party.aspx

What to Expect. 2019. 3 Tips for Teaching Your Tot Toddler Manners. Retrieved October 20, 2020 from https://www.whattoexpect.com/toddler-development/toddler-manners.aspx