Mengetahui jenis kelamin si Kecil di dalam kandungan memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tentunya ada berbagai metode yang bisa membantu Ibu dalam mengetahui jenis kelamin si Kecil.

1. Metode Ultrasonografi (USG)

Saat Ibu melakukan pemeriksaan USG di usia kehamilan 18 hingga 20 minggu, Ibu dapat melihat jenis kelamin si Kecil. Namun, hal itu sangat bergantung pada posisi si Kecil. Apabila saat USG posisi si Kecil menutup area intimnya atau tertutup tali pusat, jenis kelamin si Kecil mungkin tidak terlihat. Ketika Ibu belum bisa melihat jenis kelamin si Kecil, Ibu tetap bersabar, ya. Karena momen melihat posisi si Kecil yang berubah-ubah di dalam kandungan juga menjadi hal yang mengesankan.

2. Metode Tes Darah

Ibu bisa mengetahui jenis kelamin si Kecil dengan Noninvasive Prenatal Testing (NIPT), sebuah tes darah yang dapat mendeteksi Down Syndrome dan beberapa kondisi kromosom lainnya mulai dari 10 minggu kehamilan. Tes ini juga mengidentifikasi potongan kromosom seks pria dalam darah Ibu yang dapat digunakan untuk menentukan apakah Ibu mengandung anak laki-laki atau perempuan. Tes ini ditujukan untuk Ibu yang berisiko lebih tinggi memiliki si Kecil dengan gangguan kromosom. Namun, untuk kehamilan dengan si Kecil yang tidak berisiko memiliki gangguan kromosom juga tetap bisa dilakukan. Konsultasikan dengan dokter apakah metode ini sesuai untuk Ibu.

3. Metode CVS (Chorionic Villus Sampling)

Ibu bisa mengetahui jenis kelamin si Kecil melalui tes genetik seperti Chorionic Villus Sampling (CVS) atau amniosentesis. Tes-tes ini biasanya dilakukan untuk menentukan apakah bayi memiliki kelainan genetik atau kelainan kromosom, seperti Down syndrome. CVS biasanya dilakukan antara 10 dan 13 minggu, dan amniosentesis antara 16 dan 20 minggu. Ibu dengan janin yang tidak berisiko tinggi terhadap masalah genetik dan kromosom biasanya tidak menjalani CVS atau amniosentesis, salah satu alasannya karena tes ini memiliki risiko keguguran.

4. Metode Tes IVF

Tes genetik preimplantasi hampir 100% akurat dalam menentukan jenis kelamin embrio. Saat Ibu menjalani tes genetik preimplantasi In Vitro Fertilization (IVF), embrio Ibu akan diuji untuk kelainan genetik dan kromosom dan jenis kelamin.

Sumber:

https://www.babycenter.com/0_when-and-how-can-i-find-out-my-babys-sex_20004784.bc