Makan malam menjadi momen berkumpul bersama seluruh anggota keluarga di rumah. Pastinya salah satu jam makan ini juga tidak terlewatkan oleh si Kecil supaya ia mendapatkan nutrisi seimbang hingga tumbuh kembangnya semakin optimal. Kebiasaan makan malam bersama juga bisa melatih disiplin si Kecil sejak dini.

Penelitian menunjukkan kebiasaan makan malam bersama keluarga terbukti memberikan manfaat bagi si Kecil, seperti: 

  • Si Kecil mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan
  • Lebih banyak menguasai kosa-kata baru
  • Mencegah kebiasaan makan yang buruk

Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya membiasakan makan malam yang tertib dengan keluarga ternyata susah-susah gampang, terlebih ketika Ibu memiliki si Kecil yang baru mulai belajar makan. Berikut yang bisa Ibu lakukan:

1. Turunkan ekspektasi

Ibu mungkin memiliki gambaran ideal bagaimana makan malam bersama keluarga seharusnya: tenang, tertib, tidak berantakan, masakan yang bergizi, enak dan dilahap hingga habis. Sayangnya, realita kadang tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi. Yang terpenting, si Kecil tetap makan bersama orangtuanya, menghabiskan waktu bersama. 

2. Tidak terburu-buru

Berapa lama waktu makan malam bersama? Misalnya, Ibu menyediakan waktu sekitar 20-30 menit. Dengan waktu tersebut si Kecil akan memiliki waktu yang cukup untuk menyantap makanan serta mengenali jenis-jenis makanannya. Apabila ia tidak bisa betah duduk hingga 20 menit, biarkan si Kecil berpindah tempat

3. Sesuaikan jadwal keluarga

Pastikan Ibu atau Ayah ada di meja makan untuk makan bersama si Kecil. Lebih baik lagi bila kedua orangtua dan seluruh anak bisa makan bersama. Bila sulit menemukan jadwal makan malam yang dapat diikuti seluruh anggota keluarga, Ibu bisa menyesuaikan jadwal sarapan atau makan siang, atau setidaknya makan malam bersama di saat akhir pekan.

4. Tidak memaksa si Kecil

Normal bagi si Kecil usia balita dan pra-sekolah untuk menjadi pemilih makanan, atau takut mencoba makanan baru. Mereka biasanya memiliki makanan favorit. Ibu tetap bisa menyiapkan satu menu favorit si Kecil di menu makan malam, seperti biskuit atau buah. Biarkan si Kecil memutuskan apa yang ingin ia makan. Ibu juga bisa ajak si Kecil saat menyiapkan makan malam. Dengan melibatkannya, ia akan semakin mengenali berbagai jenis makanan baru. Memasak bersama atau mendekor meja makan bersama juga bisa menjadi pilihan. Dengan demikian, Ibu membantu si Kecil mengembangkan pola makan yang baik dan terhindar dari perdebatan bahkan pemaksaan mengenai menu makanan. Hindari juga memberikan label buruk bagi si Kecil yang pilih-pilih saat makan.

5. Ciptakan komunikasi yang baik

Ada kalanya keluarga memiliki kebiasaan saling bertukar cerita saat makan malam. Dengan begitu hubungan dekat antara anggota keluarga mudah terbangun dan si Kecil pun akan mengerti kebiasaan keluarganya sehingga mudah ia terapkan saat mulai dewasa. Menanyakan pendapat si Kecil tentang apa saja saat makan malam juga dapat melatih kemampuan komunikasinya.

 

Referensi: