Penyebab Rasa Tidak Nyaman Pada Perut si Kecil

Jika perut anak sakit dan tidak nyaman, bisa jadi tanda gangguan pencernaan tertentu. Jangan diabaikan, ya, Ma. Simak penyebabnya di sini.

Functional gastrointestinal disorders (FGID) atau ketidaknyamanan pencernaan dapat terjadi pada anak-anak. Melansir Neurogastroenterology, ada beberapa gejala khas ketidaknyamanan pencernaan pada anak, yaitu sakit perut, mual, muntah, diare, sembelit, kembung, dan menolak makanan. Bila itu terjadi, jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter, ya!

Lantas, apa penyebab perut tidak nyaman pada anak dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Perut Tidak Nyaman pada Anak

Ada beberapa penyebab perut tidak nyaman pada anak, yaitu:  

1. Sistem Pencernaan Belum Sempurna

Sistem pencernaan pada anak akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Namun, perkembangan setiap anak berbeda-beda, sehingga pada beberapa kasus, sistem pencernaannya belum sempurna. dan Si Kecil berisiko mengalami berbagai masalah pencernaan. 

Misalnya enzim lipase yang belum bekerja sempurna. Enzim lipase adalah zat dalam tubuh yang membantu proses pencernaan protein. Ketika enzim ini belum bisa bekerja optimal, anak akan kesulitan mencerna, terutama zat protein.

2. Interaksi Sistem Pencernaan dengan Otak Belum Maksimal

Ternyata, sistem pencernaan bisa “berkomunikasi” dengan otak. Interaksi ini disebut dengan gut-brain axis. Sudah banyak penelitian dan sumber ilmiah yang menyatakan bahwa kesehatan sistem pencernaan memengaruhi perkembangan otak, begitu pun sebaliknya.

Berdasarkan penjelasan UNC Center for Functional GI & Motility Disorders, ketidaknyamanan pencernaan bisa terjadi karena gut brain axis atau hubungan interaksi antara pencernaan dengan otak tidak harmonis. 

Cara Mengatasi Perut Tidak Nyaman pada Anak 

Perawatan untuk masalah ketidaknyamanan pencernaan bisa berbeda-beda tergantung gejala apa yang dialami. Namun, Moms tak perlu khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi. Bagaimana cara mengatasi perut tidak nyaman pada anak? 

Minum Susu yang Tepat 

Susu merupakan bagian penting dari makanan untuk anak. Selain menjadi sumber karbohidrat, susu juga mengandung protein dan berbagai vitamin serta mineral. Untuk anak yang mengalami ketidaknyamanan pencernaan, Moms bisa memberikan susu protein hidrolisa parsial (PHP). 

Susu PHP lebih mudah dicerna oleh anak karena kandungan protein di dalamnya sudah dipecah sebagian, sehingga dapat mencegah anak mengalami ketidaknyamanan pencernaan. 

Salah satu produk susu yang bisa Moms pilih yaitu Enfagrow A+ Gentle Care MFGM Pro yang mengandung PHP untuk mengatasi ketidaknyamanan pencernaan. Susu Enfagrow A+ Gentle Care MFGM Pro dilengkapi juga dengan kandungan DHA, omega 3 & 6, dan MFGM Pro yang dapat mengoptimakkan perkembangan otak anak. 

Enfagrow A+ Gentle Care