Ada momennya ketika Ibu dan keluarga merencanakan perjalanan darat. Terlebih saat kini si Kecil telah hadir di tengah keluarga. Bagaimana membuat suasana perjalanan menyenangkan dan si Kecil bisa tetap anteng dan bahagia? Ibu bisa terapkan tips-tips berikut.

1. Cek kondisi kendaraan

Sebelum pergi, pastikan Ibu dan Ayah telah mengecek kondisi kendaraan untuk memastikan keselamatan keluarga dalam perjalanan. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan baik, olinya masih mencukupi dan mobil telah melalui perawatan teratur di bengkel sebelumnya. Bawa juga perlengkapan P3K berupa kasa, plester, obat-obatan di mobil untuk berjaga-jaga.

2. Pastikan perjalanan tidak terlalu lama

Tentu perjalanan ini adalah hal baru untuk si Kecil. Untuk menghindari si Kecil bosan dan tidak nyaman atau bahkan kelelahan, pastikan perjalanan darat ini tidak terlalu jauh. Ibu bisa pilih waktu berangkat di pagi hari dan tiba di tempat tujuan pada sore hari. Berhenti beberapa kali untuk istirahat, makan dan bermain juga bisa dilakukan dalam perjalanan bersama si Kecil.

3. Ajak si Kecil bermain

Duduklah di jok belakang untuk menemani si Kecil selama perjalanan. Ajak si Kecil bermain dan mengobrol supaya ia tidak bosan. Pastikan Ibu juga membawa perlengkapan main si Kecil, ya.

4. Menyiapkan baju ganti

Meskipun Ibu sudah menyiapkan baju ganti untuk si Kecil berpergian beberapa hari, cobalah menyiapkan baju ganti yang mudah diambil. Ibu bisa pisahkan baju ganti di tas kecil dan letakkan dekat tempat duduk Ibu di mobil (tidak di bagasi). Ketika memerlukan baju ganti, Ibu bisa mudah mengambilnya tanpa harus meninggalkan si Kecil.

5. Membawa makanan dan camilan

Pastikan Ibu membawa makanan dan camilan yang cukup bagi si Kecil. Pastikan juga si Kecil duduk dengan aman di carseat belakang. Ada kalanya si Kecil yang bosan akan terdistraksi dengan camilannya. Bila si Kecil masih menyusu, mungkin Ibu perlu berhenti di peristirahatan untuk menyusui. 

6. Dengarkan musik

Musik adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membangkitkan suasana nyaman dalam perjalanan. Putar lagu favorit si Kecil saat ia terlihat menginginkan aktivitas baru.

7. Membawa Kantung Plastik

Siapkan kantung plastik untuk berjaga-jaga, bila si Kecil mual atau muntah di jalan. Bawa dalam jumlah yang cukup dan simpan di tempat yang terjangkau sehingga Ibu bisa sigap di saat waktu yang diperlukan. Kantong plastik juga bisa digunakan untuk tempat sampah di mobil Ibu.

Segera daftar Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Referensi: