Pergi ke playground atau taman bermain menjadi salah satu kegiatan yang disukai si Kecil karena di sana ia bisa bertemu teman bermainnya, berlari-lari dengan leluasa dan tertawa dengan gembira.

Namun, ada kemungkinan si Kecil mengalami cedera saat ia pergi ke taman bermain. Sebelum mengajak si Kecil ke taman bermain, pastikan Ibu melakukan tips-tips berikut untuk menjaga keamanan si Kecil saat bermain:

  1. Pastikan terlebih  dulu sebelum si Kecil bermain, apakah semua peralatan bermain yang tersedia masih layak digunakan atau tidak.
  2. Pilih peralatan taman bermain yang tepat untuk usia dan keterampilan si Kecil.
  3. Periksalah tanah tempat bermain tersebut. Apakah permukaan tempat bermain berupa pasir lembut, karet atau serpihan kayu untuk mencegah cedera jika si Kecil jatuh secara tidak sengaja.
  4. Pastikan si Kecil memakai pakaian yang sesuai untuk bermain. Hindari menggunakan syal, kalung dan gelang.
  5. Pastikan bahwa ada cukup ruang kosong atau jarak antara perosotan, ayunan dan jungkat-jungkit. Dengan adanya ruang yang cukup, dapat mencegah si Kecil terjatuh di antara tiga jenis permainan itu.
  6. Sediakan air minum untuk si Kecil tetap terhidrasi.

Setelah melakukan 5 tips di atas, Ibu bisa membiarkan si Kecil bebas bermain dan memberinya ruang untuk berinteraksi dengan teman bermainnya sambil tetap mengawasi setiap geraknya.

 

Sumber:

https://www.childrens.com/health-wellness/5-tips-for-playground-safety