Melihat si Kecil aktif dan senang bermain tentu membuat Ibu tenang. Kemampuan imajinasi dan kemampuan motoriknya pun kian berkembang. Namun, setelah aktivitas bermainnya selesai, sering sekali Ibu melihat mainannya bertebaran dimana-mana. Sebenarnya, momen ini sangat baik untuk mengajarkan si Kecil tanggung jawab sejak dini. Ajak si Kecil merapikan mainannya kembali setelah digunakan. Selain itu ada beberapa catatan yang bisa Ibu terapkan saat si Kecil bermain:

1. Atur jadwal bermainnya

Ibu perlu membuat jadwal kapan ia bisa membuka kotak mainannya. Misalnya, setelah tidur siang atau saat sore hari. Jadikan jadwal tersebut sebagai rutinitasnya. Dengan begitu, ruangan yang penuh dengan mainan akan berlangsung di waktu tertentu.

2. Lakukan dengan menyenangkan

Apabila menggunakan metode Montessori, Ibu bisa mengajak si Kecil membereskan mainannya sambil bermain. Misalnya, memberi si Kecil tebak-tebakan ada berapa mainan yang cukup untuk ditata di satu laci dan lihat bagaimana si Kecil menata mainan sambil belajar berhitung.

3. Bereskan mainan satu per satu

Apabila si Kecil sedang bermain robot atau boneka, lalu Ia terlihat ingin membongkar mainan yang lain, Ibu bisa beritahu si Kecil untuk membereskan robot atau boneka terlebih dahulu sebelum membuka mainan lainnya.

4. Tidak terburu-buru

Ketika waktu bermainnya sudah habis, tetapi ia belum menyelesaikan mainannya, misalnya merakit robot atau lego, Ibu bisa menyediakan tempat untuk meletakkan mainannya tersebut. Beritahu si Kecil untuk menaruhnya di tempat khusus mainan yang belum selesai dan si Kecil bisa melanjutkan di kemudian hari.

5. Beri kesepakatan sebelum bermain

Karena Ibu tahu si Kecil akan bermain dengan berbagai macam mainannya, Ibu perlu memberi tahu si Kecil sebelum bermain, di mana si Kecil harus meletakkan bonekanya atau robotnya, buku ceritanya, lego-legonya setelah selesai bermain. Dengan memberitahunya sekali tanpa berulang-ulang, si Kecil tidak mudah cemberut atau enggan untuk membereskan mainannya.

Dari berbagai catatan di atas yang bisa Ibu terapkan, tetaplah ingat akan perkembangan si Kecil setiap harinya, sejauh mana hari ini Ia bisa mengikuti ajakan Ibu hingga hari berikutnya. Pastikan Ibu selalu mendorong rasa keingintahuannya, tidak memaksa dengan keras pada si Kecil dan memberi apresiasi untuknya. Tetap komunikasikan dengan penuh cinta, ya Ibu.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Referensi: