Setelah memiliki si Kecil, tentu Ibu memiliki rutinitas baru seperti memandikannya, memberi makan, bermain, dan sebagainya. Untuk memudahkan biasanya Ibu menentukan jadwal dari setiap kegiatan.

Ternyata, jadwal yang rutin tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk si Kecil. Rutinitas terbukti membantu si Kecil memahami dunia di sekitarnya dan mengajarkan ia tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri.

Selain itu, berikut ini adalah manfaat rutinitas lain untuk si Kecil 

 

1. Menstimulasi tumbuh kembang si Kecil

Jadwal yang teratur dan konsisten membuat si Kecil belajar memahami apa yang ia lalui sehari-harinya. Keteraturan juga memberikan si Kecil rasa nyaman, dapat membantunya dalam belajar hal-hal baru, dan juga membangun ikatan dengan Ibu.

2. Membantu orang tua mengasuh dengan lebih bahagia

Jadwal yang teratur membantu Ibu dan si Kecil beradaptasi satu sama lain. Selain itu, dengan membuat jadwal sebelum berkegiatan, Ibu akan mengetahui waktu yang tersedia untuk istirahat dan melakukan aktivitas lain selain mengurus si Kecil.

3. Mendorong si Kecil belajar fleksibel

Karena si Kecil sudah terbiasa dengan rutinitasnya, ia akan hafal dan tidak mudah rewel saat melakukan kegiatannya. Meski demikian, sebaiknya Ibu juga fleksibel dalam menjalankan rutinitas dan tidak terlalu terpaku pada waktu.  Sesuaikan jadwal dan durasinya sesuai dengan kondisi dan suasana hati si Kecil.

4. Mengajarkan si Kecil tentang waktu

Rutinitas menjadi salah satu cara untuk si Kecil memahami konsep waktu dan ini dapat membantunya menumbuhkan rasa percaya diri. Si Kecil memang belum mengerti tentang jam berapa atau menit berapa, tetapi ia akan hafal saat makan biasanya terjadi setelah mandi, membaca cerita sebelum tidur, bermain setelah tidur siang, dan sebagainya. Menerapkan jadwal yang konsisten juga membantu si Kecil untuk transisi ke kebiasaan dan pengalaman baru seiring tumbuh kembangnya. 

 

Segera daftar Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini.

 

Sumber:

Enfamil. The Importance of Baby Routines. Retrieved March 10, 2020 from https://www.enfamil.com/articles/the-importance-of-baby-routines/