mulai-kebiasaan

Apakah terlalu cepat untuk mulai membangun kebiasaan waktu makan yang sehat?

Meskipun belum mencapai usia 1 tahun, sangat penting untuk menerapkan standar kebiasaan makannya yang tentu akan berguna di kemudian hari. Lebih baik mengajarkan kebiasaan untuk makan makanan sehat daripada mengkhawatirkan jumlah asupannya. Berikut ini adalah beberapa strategi untuk membantu si kecil memulainya:

  • Makan bersama dengan keluarga sesering mungkin.
  • Ketika makan, jangan biarkan si kecil duduk di depan TV. Dia akan cenderung untuk fokus dan makan lebih banyak saat ia makan bersama keluarga di meja makan.
  • Dudukkan si kecil di kursi makan bayi ketika makan dibanding membiarkan ia berlari-larian. Posisi ini membantu agar lebih ia lebih fokus pada makanannya, dan juga lebih aman.
  • Tawarkan berbagai makanan dan berikan pola makan yang seimbang. Si kecil mungkin lebih menyukai jenis makanan tertentu, tapi ia juga membutuhkan nutrisi dari berbagai jenis makanan.
  • Jangan berlebihan saat memberi makanan untuk si kecil. Sajikan makanan dalam jumlah yang sedikit, sekitar 2-4 sendok dalam satu kali makan dan biarkan ia menentukan apabila ingin tambah. Ketika ia mulai memainkan makanannya, ini menandakan bahwa berarti ia sudah kenyang.
  • Meski menjadi berantakan, namun jangan menertawakan saat ia melempar makanannya, karena dengan begitu menandakan bahwa Ibu setuju dan mendukung apa yang dilakukan si kecil.
  • Hindari jus buah. Jika Ibu ingin memberikannya, batasi dengan memberikan kurang dari 100 ml per hari dan porsi air setengah dari buahnya. Jus memiliki nilai gizi yang sedikit untuk si kecil dan tidak memberikan kalori.