bantu-si-

Bagaimana Ibu membantu si kecil untuk belajar memakan makanannya sendiri?

Di usia ini, si kecil sudah bisa duduk dengan bantuan, refleks untuk mendorong makanan keluar dengan lidahnya juga sudah hilang (sebelum berusia 4 bulan, jika Ibu meletakkan sesuatu di mulutnya, si kecil akan secara refleks mendorongnya keluar dengan lidahnya), dan ia akan memiliki koordinasi gerakan mulut yang lebih baik. Si kecil juga mulai terlihat selalu menginginkan makanan yang Ibu makan. Semua itu adalah tanda tahapan tumbuh kembang yang menunjukkan bahwa ia sudah siap untuk memakan makanan padat. Sangat penting bagi bagi Ibu untuk mengenali dan menanggapinya dengan tepat, karena ia tidak lagi hanya mengandalkan ASI atau susu formula yang Ibu berikan untuk melengkapi kebutuhan gizinya.

Begitu dia menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk memakan makanan padat, mulailah untuk mengenalkan makanan sesuai dengan kemampuannya. Perhatikan apa yang dimakannya, dan biarkan ia menentukan seberapa banyak makanannya. Jika ia hanya ingin makan satu sendok makanan padat,  tidak apa-apa. Jika ia memilih untuk makan seluruh mangkuk, terus berikan dengan menggunakan sendok. Si kecil akan memberitahu Ibu bahwa ia selesai dengan cara menutup mulutnya, memutar kepalanya, bermain dengan makanan, atau meludahkannya.

Dudukkan si kecil di kursi yang tegak, idealnya di kursi makan anak. Jika ia meraih sendok saat Ibu sedang memberinya makan sereal, biarkan ia membantu Ibu menyuapkan ke dalam mulutnya. Mungkin akan jatuh, tapi setidaknya ia akan mengerti. Tawarkan padanya sendok kecil yang  bisa ia pegang sendiri ketika Ibu memberinya makan. Dengan begitu ia bisa merasakan bagaimana memegang peralatan makan dan masih mendapatkan makanan yang cukup. Walaupun pasti kotor; cobalah untuk tidak marah jika si kecil melakukannya atau pun memaksanya untuk tetap bersih.

Jika si kecil mencoba meraih makanan dari piring Ibu, cobalah menempatkan sejumlah kecil makanan lunak, seperti pisang tumbuk atau oatmeal, tepat di nampan kursinya agar ia bisa memegang dan memainkan, dan mungkin akan memakannya! Lupakan mangkuk dan piring akan menjadi sangat berantakan saat percobaan pertamanya.

Walaupun Ibu sudah memberikan makanan padat baginya, tapi jangan sekalipun mencoba untuk menambahkan sereal pada susu formula atau ASI di dalam botol. Hal tersebut  bisa membuatnya makan dalam porsi berlebihan dan mengganggu proses belajar makan yang benar.