Bayi Ibu kini semakin baik dalam beberapa hal. Lalu kapan ia mulai paham bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur? Mungkin Ibu telah menyelesaikan dengan baik tugas Ibu pada tahun pertamanya dan berpikir kapan Ibu akan memiliki waktu tidur yang baik lagi. Kabar baiknya, semua bayi nantinya akan mengenal waktu tidur.

Di sisi lain, Ibu perlu tahu bahwa nutrisi yang baik juga akan berpengaruh pada pola tidur si kecil. Jika perutnya kenyang dan ia sudah mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, ia akan tidur lebih lelap dan lebih lama.

Berikut ini adalah titik perkembangan yang dapat Ibu harapkan pada pola tidur si kecil:

Bayi Umur 8 Bulan

Banyak orang tua merasa pada usia ini si kecil telah memiliki pola tidur yang baik. Namun, mungkin Ibu juga akan mengalami saat-saat di mana ia mengalami kecemasan, yang mungkin akan membuatnya terbangun dan mencari Ibu atau menolak untuk tidur kembali. Coba tetap berada di kamarnya (namun tidak menggendongnya) hingga ia merasa mengantuk. Tinggalkan pintu dalam keadaan terbuka saat Ibu keluar dari kamarnya, agar ia tetap bisa mendengar Ibu.

Bayi Umur 12 Bulan

Semua gerakannya di siang hari dapat membuatnya merasa lelah. Lanjutkan rutinitas yang biasa Ibu terapkan sebelum ia tidur agar baik Ibu maupun si kecil dapat beristirahat dengan lelap di malam hari.