Mengapa si kecil sepertinya sangat terpesona dengan cilukba?

Jawaban singkatnya, karena itu menyenangkan! Tapi ada pembelajaran penting yang terjadi di belakang tangan Ibu atau selimut itu. Cilukba adalah permainan sederhana yang membangun suatu pemahaman atas suatu konsep objek yang permanen/object permanence.

Ibu dapat memainkan jenis permainan petak umpet ini bersama si kecil dan ia akan menikmatinya karena ia selalu senang melihat wajah Ibu muncul kembali. Baginya ini adalah kejutan yang menyenangkan! Dan sampai dengan usia 7 atau 8 bulan, hal ini memang benar-benar kejutan. Bayi tidak berpikir mengenai hal-hal yang tidak bisa mereka lihat langsung. Kata-kata “Jauh di mata, jauh di hati” menjelaskan dengan tepat taraf awal perkembangan mental ini.

Meskipun demikian, pada sekitar masa ini, si kecil mulai memahami bahwa sesuatu yang tidak ia lihat tetaplah ada. Ibu menyembunyikan wajah di balik selimut, dan walaupun si kecil tidak dapat melihat Ibu, ia tahu bahwa Ibu tetap ada di sana. Ini merupakan suatu pencapaian perkembangan yang besar. Ia sekarang lebih peduli terhadap ketidakberadaan Ibu. Dan permainan cilukba pun menjadi lebih menarik lagi.

Mendapatkan pengertian mengenai objek yang permanen/object permanence, tidak muncul secara tiba-tiba. Konsep ini adalah kemampuan kognitif yang berkembang secara bertahap. Itu mungkin sebabnya kenapa cilukba menjadi suatu sumber kesenangan yang begitu disukainya. Cilukba membantu si kecil memahami suatu konsep penting, dan lebih serunya lagi, permainan ini melibatkan Ibu!

Memahami bahwa benda-benda terus ada walaupun tidak terlihat olehnya memiliki pengaruh dalam berbagai hal terhadap si kecil. Ia menjadi tahu bahwa mainan favoritnya yang telah jatuh dari tempat tidurnya berada di suatu tempat di bawah sana, walaupun ia belum bisa melihatnya, dan ia mungkin akan merengek untuk memintanya. Ia pun tahu bahwa bila Ibu meninggalkan ruangan, Ibu tetap ada, di suatu tempat.

Mainan pop-up bekerja dengan prinsip yang sama dengan cilukba; sekarang kamu tidak melihat apa-apa, sekarang kamu melihat sesuatu! Ibu dapat mengembangkan ide dari objek yang permanen dengan menyembunyikan sebuah mainan di bawah selimut. Si kecil yang lebih muda akan mengacuhkannya, tetapi si kecil yang berusia 8 bulan tahu bahwa mainan itu masih ada di sana dan akan berusaha keras untuk menemukan mainan tersebut. Kemudian, si kecil akan amat menyukai permainan-permainan yang mendorongnya untuk mencari mainan yang disembunyikan  di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti misalnya di bawah salah satu keranjang atau di bawah tumpukan selimut-selimut.

Baca Juga : Pelajari bagaimana tumbuh kembang anak saat ia berusia 0 - 12 bulan