apa-kata-pertama-si-kecil

Pada usia ini, si kecil mulai memasuki masa balita dan berada di tengah-tengah antara kemampuan untuk berjalan dan berbicara. Tahapan tumbuh kembang ini bisa bervariasi dan berbeda antar anak. Mereka biasanya memulai langkah pertamanya pada usia 9 atau 10 bulan, umumnya si kecil mulai melangkah di usia 12 bulan. Ini berlaku juga pada saat si kecil mengucapkan kata-kata pertamanya, seringkali terjadi pada usia 10 bulan ini. 

Mereka juga sangat cepat menyerap kata-kata baru. Jadi tetaplah dukung perkembangannya dengan memberikan nutrisi yang sesuai. Inilah beberapa perkembangan yang terjadi pada si kecil di usia 10 bulan ini.

Perkembangan Kognitif

Perlu Ibu ketahui kalau dunia si kecil seperti sebuah laboratorium. Ia menghabiskan waktunya mencoba dan bereksperimen tentang segala sesuatu. Ia akan mencari tahu dan mendapati bahwa berbagai benda yang berbeda mempunya fungsi yang berbeda pula, dan ia pun mulai mencoba benda tersebut, baik dengan mencontoh Ibu dan melalui proses “trial and error”.

Si kecil akan mulai memukul-mukul, mendorong, memasukkan benda ke dalam mulut dan bahkan melempar-lempar mainannya, dan semua ini adalah bagian dari proses. Si kecil juga belajar menggunakan benda-benda yang umum digunakan setiap hari, seperti mendekatkan cangkir kecil ke bibirnya atau memencet-mencet tombol telepon Ibu. Jadi sebaiknya pastikan telepon tadi tidak terhubung ya, Bu.

Perkembangan Motorik

Si kecil semakin besar, ia mulai mampu duduk sendiri tanpa bantuan sampai bangun dari duduk lalu merangkak dan bergerak sambil berpegangan pada sesuatu yang berada di dekatnya, seperti sofa atau perabotan lain, untuk kemudian berdiri penuh. Dengan semakin kuat dan semakin baik koordinasinya akan memungkinkan si kecil untuk berdiri cukup baik dengan berpegangan pada perabot. Ia bahkan mungkin mencoba untuk mulai melangkah sambil terus berpegangan, atau yang dalam tahap belajar berjalan disebut merambat.

Dengan semakin terkoordinasinya gerak jemari si kecil, ia akan mampu makan sendiri, walau masih berantakan, dan mencoba berbagai permainan baru, seperti permainan balok.

Perkembangan Komunikasi

Sangat menyenangkan menunggu si kecil mengucapkan kata pertamanya. Coba dengarkan apa yang diucapkannya, memang belum tentu sempurna pengucapan kata-katanya.  Ucapan ini dianggap sebagai kata-kata awal mereka, meskipun hanya berupa bunyi yang si kecil asosiasikan dengan orang atau benda tertentu. “Ma ma” atau “Pa pa”, yang ia gunakan untuk menyebut Ibu dan Ayahnya, adalah kata awal yang umum disebutkan oleh kebanyakan bayi. Mungkin juga ia mengucapkan “Ta ta” untuk kakak. Perkembangan ini sangat penting dimana si kecil mulai mengasosiasikan bunyi dan objek dan mencoba mengucapkannya seperti cara Ibu bicara. Kata pertama yang diucapkan si kecil hampir selalu berupa kata benda.

Perkembangan Sosial

Apakah si kecil mulai mencoba menyisir rambutnya sendiri menggunakan sisir seperti Ibu? Meniru  adalah bagaimana si kecil yang berusia 10 bulan belajar tentang tingkah laku orang. Biasanya ia juga akan senang memperhatikan dan meniru apa yang dilakukan oleh si kecil lainnya, misalnya saudara atau anak lain. Dalam beradaptasi, si kecil yang berusia 10 bulan masih akan merasa asing atau takut dengan orang yang belum dikenalnya, atau disebut stranger anxiety. Hal ini bisa disertai dengan perilaku baru lainnya, yaitu merasa tidak senang jika Ibu tidak ada. Terjadinya kecemasan saat terpisah dengan Ibu merupakan hasil normal dari dua perkembangan ini,  kelekatan si kecil dengan Ibu dan pengertiannya terhadap keadaan dimana ia mengetahui bahwa orang atau benda itu masih tetap ada meskipun tidak terlihat.

Jadi ada baiknya untuk memberitahukan kepada keluarga dan kerabat dekat bahwa si kecil masih membutuhkan waktu untuk saling mengenal. Hal ini merupakan tanda yang baik, menandakan perkembangan mentalnya dan kedekatannya dengan Ibu, dan biasanya juga cepat berlalu saat anak disibukkan dengan aktivitas yang menarik baginya.