kapan

Jika melihat bahwa si kecil sudah semakin percaya diri dalam bergerak dan semakin banyak mengetahui berbagai hal, si kecil di usia 4 tahun ini memang semakin menyerupai “anak besar”. Jika melihat bahwa si kecil sudah semakin percaya diri dalam bergerak dan semakin banyak mengetahui berbagai hal, si kecil di usia 4 tahun ini memang semakin menyerupai “anak besar”.

Namun sebenarnya mereka masih seorang anak yang tergolong kecil, dimana mereka masih merasa nyaman dan aman dengan adanya rutinitas harian, dan dengan orang-orang dan benda-benda yang paling mereka sukai. Ingatlah bahwa si kecil tetap membutuhkan Ibu untuk mendukung dan mendorong seluruh perkembangannya dengan menyediakan nutrisi yang terbaik.

Berikut ini adalah beberapa perkembangan si kecil di tahun setelah ulang tahunnya yang ke-4.

Perkembangan Kognitif

Si kecil di usia 4 tahun memiliki perbedaan yang sangat beragam dalam perkembangannya, namun mereka semua mulai memahami konsep-konsep abstrak. Pemahaman baru ini dapat membantu mereka, misalnya, untuk menghitung sampai dengan 10,  memahami waktu, serta mengidentifikasi huruf, warna, dan juga bentuk. Sebagian besar si kecil di usia ini telah memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara kerja berbagai benda dalam kehidupan mereka, bahkan mesin-mesin yang rumit seperti mesin cuci, atau yang cukup abstrak seperti uang. Si kecil juga mungkin akan “membayangi” Ibu selama Ibu bergerak di rumah menjalankan aktivitas harian, ia ingin mencoba menggunakan apa yang mereka ketahui ini sehari-hari.

Perkembangan Motorik

Salah satu alasan mengapa si kecil di usia 4 tahun terkesan jauh lebih berkembang dibandingkan dengan setahun sebelumnya adalah kemajuan yang mencolok dalam kendali dan koordinasi tangan mereka. Ia telah dapat memegang sebatang pensil atau krayon dengan cara yang sama dengan orang dewasa, sebuah tolok ukur yang membuat si kecil bisa meniru untuk menuliskan huruf dan angka, serta berupaya untuk menggambar berbagai bentuk. Kemampuan motorik halusnya sekarang meliputi penggunaan sendok dan garpu dengan baik, ia mampu memakai baju sendiri, dan berhasil membersihkan dirinya setelah dari toilet. (20, p 394) Kemampuan fisiknya saat ini kemungkinan telah mencakup kemampuan melakukan loncat tali dan berguling.

Perkembangan Komunikasi

Cara bicara si kecil yang berusia 4 tahun terdengar lebih baik. Pengucapan dan tata bahasanya pun telah menjadi jauh lebih baik, walaupun ia masih cukup sering membuat kesalahan. Huruf-huruf f, l, s, r, v and z terus menjadi tantangan bagi sebagian si kecil di usia 4 tahun ini. Kalimat-kalimat yang diucapkannya juga lebih panjang dan rumit, serta ia dapat merangkainya untuk menyampaikan cerita-cerita menarik tentang apa yang ia alami hari itu.

Perkembangan Sosial

Pertemanan adalah suatu hal yang penting di masa-masa ini. Si kecil mungkin memiliki satu atau dua teman dekat atau sahabat, dan hubungan ini seringkali terbentuk saat ia di sekolah, bila si kecil mengikuti Taman Bermain, dan terpisah dari Ibu. Ia sangat memperhatikan apa yang dilakukan oleh anak-anak lain, hal apa saja yang bisa mereka lakukan dibandingkan dirinya, serta ingin dapat bergaul dengan mereka. Si kecil di usia 4 tahun juga berupaya untuk memahami bagian-bagian yang lebih mendalam dari suatu hubungan dengan mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan seputar topik berat seperti kelahiran, kematian, dan seksualitas. Ini adalah tanda-tanda dari menjadi semakin matangnya otak mereka. Bersiaplah untuk menjawab dengan informasi yang jujur namun dengan bahasa dan informasi yang tetap sesuai dengan usia mereka.

   
   
   
   
   

Configure