jika-tak-selalu

Begitu banyak manfaat dari makan bersama keluarga, tapi bagaimana jika keluarga Ibu tidak selalu bisa makan bersama?

Belakangan ini, banyak keluarga yang jarang makan bersama. Kenyataannya, jumlah makanan tidaklah sepenting rutinitas dari makan bersama itu sendiri. Meski hanya beberapa kali dalam seminggu tapi pastikan bahwa momen makan bersama itu merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Jika si kecil sudah merasa lapar sebelum seluruh keluarga bisa berkumpul untuk makan malam, berikan ia setengah porsi dari makanannya dan sisakan untuk makan malam bersama keluarga. Dengan begitu, ia tidak akan lapar dan masih mendapatkan manfaat dari kegiatan makanan bersama. Ingat, bahwa saat makan bersama keluarga, si kecil masih belajar mengenai tata cara makan, gizi yang baik, komunikasi dan juga interaksi sosial.

Dan juga, makan malam bukan menjadi keharusan dari aktivitas makan bersama keluarga. Beberapa keluarga merasa lebih nyaman untuk sarapan bersama. Kuncinya adalah makan yang tidak tergesa-gesa dan duduk bersama untuk saling berbicara. Namun, hal ini tidaklah sama ketika Ayah fokus pada smartphone-nya dan Ibu mengunyah makanan sambil mengemas bekal makan siang.